DARI NGALIAN KE SENDOWO Nh. Dini

Nama : Rima Rahmawati
Kelas : Biologi 3_A
Nim   : 201610070311131
DARI NGALIAN KE SENDOWO
Nh. Dini

RESENSI Novel :
 Judul Buku : Dari Ngalian Ke Sendowo (Nh Dini.)
Penulis : Nurhayati Sri Hardini
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama kompas Gramedia building blok I, lt5
Tebal Buku : 300 Halaman
Harga : 25.000.00
peresensi : Rima Rahmawati
Pendidikan Biologi, Universitas Muhamadyah Malang

Menginjak awal masa yang disebut “manusia usia lanjut” atau manula, dini mengalami tambahan kesulitan dalam menyikapi kehidupan. yang pertama adalah seringnya mengalami gangguan kesehatan, sedangkan hal kedua ialah sukarnya mendapatkan tenaga guna membuat pengurus rumah tangga serta pondok bacaan. kebiasaan masa lalu dimana kaum wanita berdatangan dari desa menuju kota untuk bekerja sebagai pembantu atau pamong balita,telah berubah. mereka memilih menjadi kariyawti di berbagai pabrik yang bertumbuh di smping jalan-jalan besar pinggiran kota setempat.

Demi kepraktisan, Dini memutuskan akan bergabung ke dalam suatu kelompok organisasi khusus bagi orang-orang berusia di atas 50 tahun. dia tertarik kepada Yayasan Wredha Mulya, atau disingkat YMW, yang didirikan oleh Kanjeng Ratu Hemas, istri Sultan Hamangku Buwono ke-X . menempati seluasan tanah milik Kraton, Mulya di kawasan Soedowo, Sinduadi, RT 13/56, Mlati, Slaman, Yogyakarta . Apa boleh buat, Dini “harus”pindah, meninggalkan kota kelahirannya.

Aneka kejadian dialami dan dijalani oleh Dini sebagai lansia yang mandiri, sebagai pekerja seni di bidang susatra, dan juga sebagai warga Daerah Istimewa Yogyakarta. Empat tahun berlalu, namun dia juga tidak mendapatkan ketenangan lahir ataupun batin seperti yang di harapkan. Karena pada akhirnya, lingkungan yang semula damai dan tentram,berubah menjadi bising,, sangaat mengganggu kegiatan seorang praktisi bidang keperngarangan seperti dirinya.

ketika di cakrawala tampak ada harapan meraih ketentraman yang dia idamkan, Tuhan menganugrahkan tambahan pengalaman berupa gempa bumi yang dahsyat mengakibatkan tempat sekitar menjadi amat sangat sunyi dan tanpa berpenghuni .

“menyampaikan matahari sari satu sisi , memandang insan dari segenap jurusan”.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment