Apakah Sekolah Menjamin Kesuksesan ?

Jatimaktual.com,- Orang – orang sukses tidak mendapatkan kesuksesannya begitu saja. Jangan mengira hanya dirimu yang pernah mengalami masa – masa sulit, sedangkan hidup mereka sudah mulus dari awal. Dulu ketika SD kita diajarkan bagaimana bertingkah laku yang baik, berbicara yang benar, dan saling membantu, menjadi anak yang baik dan pintar. Pendidikan itu dilakukan karena saat umur tersebut cenderung seperti air yang akan menyesuaikan bentuk wadahnya. Dan disaat masa itulah belum mampu untuk membedakan mana yang benar mana yang salah.

Dan itu berlanjut ketika SMP. Pada umur ini sudah bisa berfikir lebih mandiri dan mampu membedakan hal mana yang benar dan hal mana yang salah Masa SMA, masa dimana siswa mampu untuk berfikir dewasa dan matang terhadap apa yang akan mereka lakukan. Dan perilaku mereka juga tidak lepas dari akumulasi dari tahapan sebelumnya. Dimasa ini pula siswa telah mengerti apa arti tanggung jawab itu sendiri.

Ketika kumpul bareng dengan teman – teman saya mendengarkan ocehan dari teman-teman, ia mengatakan  percuma sekolah tinggi – tinggi belum tentu menjamin kesuksesan anda  melainkan sekolah tingi – tingi mebuat rugih keduah orang tua dan membuang – buang waktu hidupmu sebab biyaya kampus mahal. Sungguh mahal tetapi belum tentu setelah lulus jadi sarjana, langsung mendapat lapangan pekerjaan, sebab realita yang kita ketahui di Indonesia  banyak penganguran setiap tahun semakin bertambah, dari kenyataan itu apakah kita yakin seteleah lulus dari perguruan tinggi dapat menjamin kita suksesan untuk  kedepannya.

Tetapi disini kita akan mencobah merubah polah pikir orang yang berpendapat bahwa Apakah Sekolah Menjamin Kesuksesan ? kita ketahui bahwa Allah SWT sudah menentukan masing – masing takdir umat manusia, apakah Allah SWT mengingkarinya. Dimana sekolah itu penting bagi manusia, kita dapat menambah wawasan, apalagi dunia dijaman sekarang yang semakin hari semakin rusak, dari sini kita dapat merubah hidup lebih baik,  memang sekolah itu mahal tetapi nasib setiap orang sudah di berikan takdirnya masing – masing, sehingga orang  tersebut mencari potensi dirinya yang sebenarnya untuk kehidupan masa depannya.

Langkah awal yang terpenting kita harus berusaha adalah yakin kepada diri sendiri dan tunjukan kepada dunia bahwa sebenarnya kita mampu meraih masa depan yang cerah sebab sekolah dapat menghantarkan kita untuk mengetahui jati diri sendir sehingga sebagian besar orang yang mengatakan Apakah Sekolah Menjamin Kesuksesan ? maka jawabannya iya sekolah dapat menjamin kesuksesan seseorang untuk menempuh hidupnya yang lebih baik karena di sekolah kita bisa mendapat pengetahuan tentang arti kehidupan yang lebih baik. Mungkin penjelasannya dapat bermanfaat bagi kita semua untuk mempercaya diri bahwa sekolah dapat menjamin kesuksesan untuk kita semua dalam mencapai cita –cita kehidupan.

Maka dari itu lah pendidikan tak cukup hanya pendidikan dasar tapi juga pendidikan karakter. Pendidikan dasarpun untuk apa kalau menekankan hafalan, ketika hafalan yang telah dihafalkan ternyata hanya percuma. Pendidikan dasar itu dimengerti sebagai teori awal untuk melangkah dalam praktek. Sinkronisasi antara teori dan praktek juga harus seimbang. Apa gunanya teori tanpa praktek? Tak ada hasilnya. Dan apa gunanya praktek tapi tak mengerti teorinya ? Hancur. Dan pada akhirnya pendidikan yang bagus sebaiknya menggunakan sistem yang benar yang bisa memecahkan masalah kehidupan yang tak hanya teoritis serta di imbangi dengan moral dan karakter yang dilatih dari tahapan pertama sampai tahapan terakhir. Karena kesuksesan tak melihat darimana asal sekolahnya, ijazahnya seperti apa, nilainya berapa. Kesuksesan hanya melihat orang yang berkualitas menghasilkan karya untuk sesama.

Biografi ;
Nama : Muamar Kadafi
Studi : Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang
Alamat : Dusun 1 Lamahala Jaya, Adonara Timur, Flores Timur

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment