“ SURAT KECIL UNTUK AYAH “

Judul Buku : Surat Kecil Untuk Ayah
Penulis        : Boy Candra
Penerbit      : PT. Bukune Kreati Cipta Cetakan Ketiga Agustus 2016
Tebal Buku : 188 Halaman
Harga          : Rp. 25.000
Peresensi     : Dina Eka Puspita Sari
Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang


“ SURAT KECIL UNTUK AYAH “

Surat Kecil untuk Ayah adalah kumpulan cerita dari Boy Candra yang mengambil tema sosok seorang Ayah. Dalam buku Boy Candra menulis cerpen-cerpen yang didedikasikan untuk para ayah yang sering menjadi sumber inspirasi bagi dirinya, dalam cerpan-cerpen itu terdapat pengajaran-pengajaran yang dapat memberikan inspirasi dan memotivasi kepada pembaca agar bisa memperbaiki perilakunya kepada sang ayah. novel Surat Kecil Untuk Ayah terdapat berbagai kisah tentang Ayah yang sangat luar biasa, dalam menyisihkan waktu untuk keluarga, perjuangan Ayah untuk bekerja keras tanpa tau pagi siang sore dan malam untuk menghidupi keluarga, dan dipenuhi kasih sayang tiada henti untuk keluarga.

Ayah merupakan tulang punggung keluarga yang sangat bertanggung jawab dan mempunyai komitmen yang tinggi terutama kewajiban untuk keluarga. Dia memang bukanlah seorang superhero hebat, dia hanyalah seorang manusia yang sangat luar biasa dalam hidup. Dia memang tidak selalu kuat, terkadang kemampuan Ayah juga bisa melemah. Memang kekuatan, kesabaran dan ketegaran seorang Ayah kadang juga membuat kita seolah-olah lupa bahwa Ayah seorang manusia yang tak luput dari kesalahan. Namun Ayah selalu memberikan hal terindah untuk keluarga meski tau seberat apapun beban yang ayah tanggung untuk keluarga, tetapi Ayah tidak memikirkan hal itu, yang Ayah pikirkan yaitu membuat bahagia keluarga. Ayah bagaikan tetes embun yang menyejukkan. Saat dahaga dan kesepian, dalam sedih dan kerinduan, Ayah selalu menyemai bunga-bunga bahagia, bunga-bunga yang selalu mekar disetiap saat. Dialah lelaki yang tak pernah lelah membuat seseorang disekelilingnya mengerti. Ayah sosok yang tegas, bijaksana dan sosok lelaki yang super hebat.

Bagi seorang anak, Ayah adalah sosok lelaki yang paling dekat dalam hidupnya. Lelaki yang memberikan kasih sayang dan cinta tak terkira. Lelaki yang selalu menghadirkan senyum ceria tanda tawa. Juga yang selalu menenangkan saat larut malam bercerita. Ia akan selalu siap sedia untuk menenangkan segala tangis dan luka yang mendera. Menghadiahi bahagia dalam perjalanan waktu sepanjang usia. Ayah tak pernah lelah membuat anaknya bahagia sepanjang hidupnya. Selalu ada cara yang dia ciptakan agar anak-anaknya merasa aman dan nyaman. Ia berusaha memenuhi segala hal yang dibutuhkan keluargannya.

Berbagai kisah seorang Ayah yang diceritakan dalam buku novel Surat Kecil untuk Ayah ini diantaranya menceritakan tentang Anak yang merindukan kasih sayang seorang Ayah karena ayah meninggalkan Ibu dan Anaknya dengan wanita lain, Seorang anak yang mengharapkan kehadiran Ayah, menanyakan keadaan Ayah, dan berharap sebagai seorang anak bisa membuat Ayah bahagia dan bangga. Seorang Ayah yang sangat sabar dan kuat dalam menjalani hidup bersama keluarga apapun pekerjaan Ayah tetap berusaha yang terbaik untuk keluarga, Ayah yang seolah tak punya rasa lelah untuk menuruti kemauan anaknya apapun yang diminta selalu diturutinya, Ayah yang selalu menjaga dengan penuh kasih sayang dan cinta untuk keluarga, Ayah yang tanpa tau batas bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga, Ayah yang selalu memberikan inspirasi dan semangat untuk ananknya agar kelak menjadi orang yang sukses berguna untuk semua orang, Ayah yang tidak memandang status ekonomi apapun hasil yang ia dapat Ayah tetap bersyukur dan jujur kepada keluarga, dan Ayah yang tetap tabah dan tegar dalam menghadapi setiap cobaan yang datang silih berganti.

Pada bagian yang kelima memperlihatkan perjuangan ayah bekerja keras sampai larut tengah malam kadang sampai subuh baru pulang ke rumah demi mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan keluarga, kemudian Ayah menghampiri anaknya yang sedang pulas tidur di kamar, lalu Ayah mencium kening anaknya dan membisikkan di telinga anaknya “semoga kelak kamu menjadi orang yang berguna”. 

Hal inilah yang menjadi panutan bahwa seorang Ayah ingin anaknya menjadi orang yang berguna dan sukses. Apapun pekerjaan yang dilakukan Ayah meskipun pulang larut malam untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan membahagiakan anak Ayah tidak pernah sedikitpun mengeluh dan menyerah. Ayah selalu berjuang demi kebahagiaan keluarganya.

Buku novel Surat Kecil Untuk Ayah ini merupakan cetakan ketiga tahun 2016, yang dicetak dengan sedikit kekurangan yaitu tidak ada daftar isi, dan hanya ada sedikit gambar yang dapat menambah minat untuk membaca buku ini. Meskipun memiliki kekurangan, buku ini memiliki kelebihan yaitu cover yang menarik dengan warna biru muda dan  dilengkapi  gambar anak yang sedang menulis surat. 

Bahasa yang digunakan di dalam buku ini komunikatif yang dapat menarik pembaca. Isi yang terdapat di buku ini menghanyutkan pembaca. Cerita yang terdapat dalam buku ini juga banyak memberikan sumber inspirasi, pelajaran dan motivasi kepada pembaca untuk menjadi anak yang lebih menghormati dan menghargai jerih payah seorang  Ayah, dan perjuangan dan pengorbanan anak dan Ibu dalam kehidupan nyata. Walaupun dalam buku ini terdapat sedikit kekurangan, namun buku ini bisa menjadi  inspirasi bagi seorang ayah, anak, dan keluarga dalam menjalani kehidupan.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment