PMII Situbondo Ajak Semua Elemen Stop Korupsi Penyakit Bangsa

JATIMAKTUAL, SITUBONDO,- Korupsi merupakan penyakit yang sangat berhabaya bagi bangsa ini, karena korupsi sangat  mematikan rakyat dan menghambat pembangunan daerah maupun bangsa.

Semangat reformasi hingga saat ini tetap berkobar untuk memberantas korupsi hingga lahirlah UU No 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi sebagai payung hukum untuk menjerat tikus-tikus berdasi.

Adapun tindak pidana korupsi menurut para ahli, semisal H. Baharuddin lopa (1997:6), mengemukakan: “Tindak pidana korupsi adalah suatu tindak pidana yang dengan penyuapan manipulasi dan perbuatan-perbuatan melawan hukum yang merugikan atau dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, merugikan kesejahteraan atau kepentingan rakyat/umum. Perbuatan yang merugikan keuangan atau perekonomian negara adalah korupsi dibidang materil, sedangkan korupsi dibidang politik dapat terwujud berupa memanipulasi pemungutan suara dengan cara penyuapan, intimidasi paksaan dan atau campur tangan yang mempengaruhi kebebasan memilih komersialisasi pemungutan suara pada lembaga kepemerintahan atau pada keputusan yang bersifat administratif dibidang pelaksanaan pemerintah”.

"Oleh karna itu kami PC PMII Situbondo sangat mendorong kepada penegak hukum khususnya di  kota Situbondo agar bersih dari korupsi dan nepotisme, dari opini yang berkembang bahwa ada beberapa masalah tindak pidana korupsi yang masih belum terselesaikam di kabupaten Situbondo, oleh karnanya di hari anti korupsi sedunia ini kami dengan tegas agar penegak hukum agar sangat memperhatikan betul terhadapa kejahatan tindak pidan korupsi ini," tegas Ach Hasan Ketua Cabang PMII Situbondo yang di mintai keteranganya di kantornya, Jl. Semam 9/17.

"PC PMII Situbondo akan terus mengkawal kebijakan-kebijakan yang dilahirkan oleh anggota DPRD kab. Situbondo, agar mencegah dari korupsi dan nepotisme dan kebijakan kebijakannya menguntungkan bagi rakayat Situbondo," ujar Ach Hasan.

Efek dari korupsi sangatlah bernahaya lanjut Ach hasan, "karena ini menyangkut nyawa masyarakat bayangkan saja kalo masayakat kelaparan dan tetap tidak sejahtera. Alasannya karena di berbagai lini kepemerintahan kita masih mengalir korupsi dan budaya suap menyuap yang di lakukan oleh oknom yang tak bertanggungjawab, dan ini sudah pernah terjadi di berbagai daerah bahkan Situbondo sendiri, maka dari itu, ayo kita bergandengan tangan dan bersama"-sama untuk menyetop budaya korupsi di mandset kita dan buang jauh-jauh, bahwa korupsi hanya akan membunuh kita dan akan tetap membuat kita dalam kondisi terpuruk," utur Ach Hasan.

Penulis : Fadil
Editor : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment