"Mari Bahagia dengan Diri Sendiri"

JATIMAKTUAL, RESENSI NOVEL- Kadang kita merasa ingin sekali bahagia, tetapi diam saja tidak berbuat apa-apa. Kadang kita merasa hidup ini begitu sulit, tetapi tidak mau berusaha sedikit pun untuk mengubahnya.

Kebahagiaan merupakan sebuah pilihan. Bukan pemberian, bukan pula belas kasihan. Diri kita sendirilah yang memilih untuk berbahagia, bukan orang lain yang memilihkan untuk diri kita. Cuma butuh SATU orang untuk membuat kita BAHAGIA : DIRI KITA SENDIRI. Banyak orang mengeluh hidupnya tidak bahagia. Banyak orang yang mengaku sulit menemukan kebahagiaan. Banyak pula orang yang merasa dirinya tak pantas untuk bahagia. Yang sebenarnya: Semua orang BERHAK untuk bahagia, Semua orang BISA bahagia, Dan tanpa kecuali termasuk DIRI KITA SENDIRI.

Di dalam buku ini banyak sekali kutipan yang sangat bagus untuk di ingat sebagai penyemangat untuk kita selalu bahagia salah satunya adalah “ TAK ADA HAL YANG BISA MEMBUATMU BAHAGIA APABILA KAU SENDIRI BELUM BAHAGIA”.

Serta penulis memberikan banyak sekali saran atau cara untuk bahagia dan mengatasi hal yang bisa membuatmu tidak bahagia serta penulis mengatakan bahwa membaca buku ini bisa dilakukan secara acak karena semua bab di buku ini memberikan nasihat dan motivasi yang terbaik yang sedang di alami pembaca.
Serta di dalam buku ini penulis menambahkan artian dari Al-quran serta Quotes yang sangat menakjubkan di setiap lembar balik di buku ini. Sehingga setiap membaca kita akan terbawa suasana kita banyak cara untuk Bahagia. Dan selalu mengingatkan pembaca terhadap Tuhan, karena Tuhan akan membawakan kebahagian.

Buku ini sangat cocok di baca bagi mereka yang sedang berputus asa atau mereka yang mencari kebahagiaan. Banyak tips-tips yang membuat kita tak ingin berhenti membacanya. Bagaikan di hipnotis untuk terus membacanya hingga akhir hanya untuk mencari tau tentang kebahagiaan. Bahwa kebahagiaan itu tak sulit di cari, karena ia sudah ada di setiap hati masing-masing manusia. Bagaimana cara menemukan kebahagiaan yang ada pada diri kita sendiri ?

Kita harus mengubah cara pandang terhadap hidup yang dijalani. Apapun hal yang membuat tidak bahagia pasti akan membuat kita sengsara. Maka kita harus buang jauh-jauh semua hal yang membuat kita terus menerus berpikir kita tidak bahagia. Seperti tidak bahagia dengan apa yang telah dimiliki dan apa yang tidak dimiliki.

Kebahagiaan ada pada diri kita. Bukan pemberian dari siapapun. Kebahagiaan adalah hasil dari perjuangan dan kerja keras kita sendiri. Bahkan Tuhan pun tidak akan memberi kebahagiaan jika kita tidak berusaha sendiri. Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang sampai orang tersebut mengubah nasib dirinya sendiri.
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” Q.S Ar Ra’d ayat 11.

Bila hati telah menemukan kebahagiaan itu sendiri maka kita bisa dengan mudah menebar rasa bahagia itu ke lingkungan sekitar kita. Aura positif dari rasa bahagia yang ada pada diri akan dengan otomatis menyebar ke orang-orang di sekitar. Jangan pernah menunggu orang untuk memberi kebahagiaan kepada kita, tapi berusahalah agar kita bisa menebar kebahagiaan kepada semua orang.

Sebuah senyuman tulus dari hati merupakan hal kecil yang bisa membuat orang lain bahagia. Bermurah senyum tidak membutuhkan biaya yang mahal namun sangat cukup untuk membuat hati yang lain tenang di saat gundah.

Rangkullah mereka yang murung. Selalu mensyukuri apapun yang telah kita miliki adalah kunci utama menemukan kebahagiaan. Selalu merasa cukup atas pemberianNya. Bahkan di saat kita dalam kesibukan yang padat pun harus tetap mengucapkan rasa syukur. Selalu berdamai dengan masa lalu dan bangkit untuk masa depan.

Optimis yang benar adalah memiliki rasa percaya diri yang kuat dan selalu berfikir positif. Orang optimis adalah orang yang dapat menerima kegagalan tetapi dapat mengambil hikmah dari kegagalan.

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu”(QS. Al-Qashash: 77).

Meraih kebahagiaan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dalam buku ini baru ditampilkan sebagian kecil saja, masih ada ribuan cara lain untuk bahagia. Cara setiap orang mencapai kebahagiaan juga bermacam-macam, bergantung pada sifat dan kondisi masing-masing orang. Gunakanlah tip dan nasihat yang paling cocok untuk diri sendiri. Kita bisa lakukan apa saja yang sesuai dengan kondisi kita saat ini.

Tuhan tidak akan mengubah nasib kita sampai kita berusaha mengubah nasib diri kita sendiri. Tuhan tidak akan memberikan kebahagiaan sampai kita berusaha untuk mewujudkan kebahagiaan melalui doa dan usaha diri kita sendiri.

‘Hidup hanya sekali. Untuk apa dihabiskan dengan melakukan hal-hal yang tidak membahagiakanmu?’ –A.K
‘Railah kebahagiaanmu sekarang juga. Jangan menunggu. Jangan hanya pasrah. Jangan berdiam diri. Hanya ada satu orang yang bisa membuatmu bahagia: dirimu sendiri’.

Kelebihan buku ini dapat di lihat dari penulisan yang begitu rapih dan benar benar dapat memberikan motivasi yang bagus bagi para pembacanya. Dari tata letak penulisannya dan dari segi Bahasa sangatlah bagus sehingga enak di baca. Serta memberikan contoh bagaimana menyelesaikan sesuatu.

Kekurangan buku ini dari cover dengan warna hitam dan tulisan seperti buku horror menyebabkan feel saat membeli buku ini menjadi tidak menarik untuk di baca. Malah cenderung seperti buku horror buku ini. Warna di dominasi warna hitam.


Judul Buku : Aku Bisa Bahagia
Penulis : A.K
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
  Cetakan Kedua, 2015.
Tebal Buku : 317 Halaman
Harga : Rp 69.800
Presensi : Asry Ines Pendidikan Biologi
  Universitas Muhammadiyah Malang

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment