KETIKA CINTA TIDAK BERAKHIR DI PERNIKAHAN

Judul Buku : Kereta Api Terakhir dari Paris
Penulis : Mira W
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama  Cetakan Pertama Februari 2017
Tebal Buku : 320 halaman
Harga : Rp. 68.000
Peresensi : Nia Ni’matus Sa’adah Pendidikan Biologi  Universitas Muhammadiyah Malang

JATIMAKTUAL, RESENSI BUKU,- “Sampai kapan pun, biarpun seluruh rambutku telah memutih, sekujur hatiku memerah digenangi darah, aku kan teta menunggumu-Aster”

Mira Wijaya atau biasa disebut dengan Mira W adalah nama yang sudah tidak asing lagi di dunia penulisan, karya-karya sudah tidak diragukan lagi, Ketenaran dan prestasi Mira W. juga terlihat dari novel-novelnya yang mengalami cetak ulang hingga 7—8 kali. novel ini adalah novel ke-83 dari Mira W, Saat ini sebagian besar novel Mira W. telah diangkat ke layar lebar dan layar kaca. Mira W sebelum menjadi penulis ia berprofesi sebagai seorang dokter pantas saja jika pada novel yang berjudul “Kereta Api Terakhir dari Paris” ini di bumbuhi dengan ilmu kedokteran, budah saja baginya untuk menambahkan ilmu tersebut dalam tulisannya. Dalam novel ini anda akan banyak berspekulasi sendiri. Mengatakan bahwa Mira W adalah penulis yang berbakat. Banyak kejutan-kejutan yang tidak diduga saat membaca novel tersenut.

Kisah cinta mereka dimulai saat SMA, mereka adalah Aster dan Andika, kisah cinta mereka sangat menguras emosi, kisah cinta merka berada di baying-bayang teman Andika yaitu Arif, Arif adalah sahabat Andika yang senantiasa dibela dari perundungan sejak SMA. Sejak masa SMA, takdir mulai mempermainkan hidup mereka. Andika digambarkan atletis, ganteng, suka menolong dan berpacaran dengan Aster. Arif adalah sahabat Andika, korba bullying di sekolah, penakut, pemalu dan aneh serta menyukai Aster diam-diam. Aster, berpacaran dengan Andika, pintar dan baik hati. Tiga karakter yang cukup klise sebenarnya.Andika yang selalu membela Arif, serta Aster yang disukai oleh Arif, tapi adalah pacar Andika.

Setelah lulus SMA, Aster dan Arif kuliah kedokteran ditempat yang sama. Andika lulus sekolah bisnis dan memutuskan untuk melanjutkan sekolah pascasarjana di Belanda, lalu mereka memutuskan untuk menikah tetapi kedua orang tuanya tidak menyetujuinya karena masing-masing orangtuanya tersebut ingin anak mereka menyelesaikan sekolah mereka terlebih dahulu, namun orang tua mereka memberikan restu kepada mereka untuk bertunangan saja, dan melakukan pernikahan saat mereka sudah lulus. Namun kehendak berkata lain, ternyata belum sampai lulus Aster hamil duluan,  kemudian Andika memutuskan menikahi tunangannya Aster dengan membujuk orang tuanya agar mau menikahkan mereka.

Persahabatan mereka selama bertahun-tahun tiba-tiba saja berubah tepat sebelum pernikahan Andika dan Aster. Sebuah kasus pembunuhan memaksa Andika untuk meninggalkan Aster. membuat gadis itu terpaksa menikahi Arif dan menjalani sebuah kehidupan yang tidak terbayangkan sebelumnya.  Terdapat hal yang tak diduga saat pesta bujangan itu. 

Pembunuhan yang tak pernah disangka para pembaca sebelumnya membuat pembaca terkecoh dengan pembunuh sebenarnya, banyak kejutan-kejutan yang tidak terduga dan berasal dari tokoh yang bernama Arif, masa lalunya yang kelam, membuat dia trauma dengan lingkungan sekitar, ia sering mendapatkan bullyan dari teman sekolahnya hingga ia tidak mau pergi bersekolah, belum lagi ayahnya yang memiliki sifat yang keras dan ak jarang arif mendapatkan kekerasan dari orang tuanya, hingga membuat tokoh arif ini menjadi pribadi yang pendendam, dan tidak bisa ditebak.

Untuk segala permasalahan yang muncul, semua tokoh yang ada di cerita menyalahkan Arif. Semua terjadi gara-gara Arif. Tetapi menurut saya, semua berawal dari Aster sendiri. Karena apa? Aster baik dengan Arif karena Arif sahabat Andika. Dan yang paling fatal, Aster kasihan dan iba pada hidup Arif, pada pribadi Arif. Berawal dari rasa iba inilah, Arif yang merasa diberi harapan oleh Aster mulai berani melakukan dan merancang cara untuk memiliki dan menjauhkan Aster dari Andika.Tokoh Arif ini mampu membawa pembaca ke dalam gelombnag emosi yang dibawakan penulis.

Pada novel ini penulis mencoba memasukkan suasana Paris kedalam novelnya cerita. Pembunuhan, Psikopat, kesulitan rumah tangga, serta waktu puluhan tahun untuk menggapai bahagia. Disajikan lengkap di dalam novel ini, secara keseluruhan novel ini sangat bagus dan menarik tetapi alangkah baiknya jika permasalahan yang terjadi sedikit di kurangi, karena permaslahan yang terjadi terlalu bnayak dan terkesan membuat mengganggu jalnnya cerita karena cerita tersebut menjadi tidak focus pada jalnnya cerita.

Banyak fakta mengejutkan dalam novel ini, mulai dari siapa bapak biologis dari anak Aster yang sebenarnya, Apakah yang terjadi dengan Andika. Bagaimana hidup mereka selanjutnya ?
Banyak pertanyaan-pertanyaan yang timbul saat membaca novel ini, seperti apakah bisa berbahagia saat kenyataan ternyata berbeda dengan dugaan kita selama ini, bagaimana mungkin kita dapat hidup dengan orang sama sekali tidak kita cintai, bagaimana bila kebaikan kita justru mendatangkan malapetaka bagi diri sendiri dan orang yang dicintai.

Penulis disini mencoba menyampaikan bagaimana efek dari kegiatan bullying yang terus menerus dilakukan, bahwa efek yang di timbulakn sangat menakutkan, mereka kan menjadi seseorang yang pendendam, memiliki sifat yang tidak mudah di tebak , dan bisa saja hal yang dilakukan diluar dugaan kita sebagai orang normal

Cerita Novel  Mira W ini ditargetkan untuk orang dewasa. Untuk kalian semua yang ngebaca novel ini, jangan merasa tertipu dengan covernya yang bagus banget, yang remaja banget. Cerita di novel ini untuk usia 18+.

Nama : Nia Ni’matus Sa’adah
Alamat : Jl. Tirto Utomo No. 5A-Malang (65144)
Jenis Kelamin : Perempuan
Usia : 19 tahun
Status :Mahasiswi Pendidikan Biologi-Universitas Muhammadiyah Malang 

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment