Keistimewaan Wanita dan Harapan Masuk Surga

Judul Buku : Ternyata Wanita Lebih Mudah Masuk Surga
Penulis : Iis Nur’aeni Afgandi
Penerbit : Kawan Pustaka
Cetakan Pertama, 2017
Tebal buku : 288 Halaman
Harga : Rp 58.650,00
Peresensi : Ladiya Fitri Ma’rufah Mahasiswa Pendidikan Biologi  Universitas Muhammadiyah Malang

JATIMAKTUAL, RESENSI BUKU,- “Apabila wanita melakukan shalat lima waktu, berpuasa Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan taat kepada suaminya, maka dia akan masuk surga dari pintu mana saja yang dia kehendaki.” (HR.Ibnu Hibban) merupakan hadist pertama yang disajikan oleh buku ini. Buku yang sangat cocok untuk wanita dalam menggapai kesuksesan di dunia maupun di akhirat.

Buku yang berjudul “Ternyata Wanita Lebih Mudah Masuk Surga” merupakan buku best seller karya Iis Nur’aeni Afgandi edisi revisi cetakan pertama pada tahun 2017. Iis Nur’aeni Afgandi lahir di Bandung, 10 Agustus 1983 dan merupakan lulusan S1 di Universitas Pasundan dan S2 di Universitas Pendidikan Indonesia. 

Selain sebagai ibu rumah tangga, Iis Nur’aeni Afgandi juga aktif sebagai penulis, pengurus, dan pendidik di Rumah Bimbel yang ia dirikan. Beliau telah menulis beberapa buku yang juga berbau islami, seperti Dasyatnya Puasa Sunnah, Inilah Alasan Rasulullah Menganjurkan Puasa Sunnah, Cara Dasyat Menjadi Muslim dan Muslimah Hebat, Sakinah Dunia-Akhirat, dan Sang Juara Muda.

Kesan pertama saya ketika memilih buku ini dari judul sampul buku dan sinopsis yang menarik, yaitu menyebutkan bahwa peluang wanita masuk surga lebih besar dibandingkan laki-laki. Saya sangat tertarik dengan buku yang bertemakan islami, karena buku-buku seperti ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran dan perbaikan diri saya sendiri.

Buku ini berisi apa saja amalan-amalan yang dapat di lakukan oleh wanita untuk meraih cintanya Allah, karena jika Allah sudah mencintai seseorang maka, Dia pasti akan memenuhi apapun yang diminta hamba-Nya, termasuk surga (halaman 86).
Setiap orang pasti ingin menghadap Allah dengan selamat dan dapat masuk ke surga-Nya. Laki-laki dan perempuan memiliki peluang yang sama untuk dapat masuk ke surga-Nya. Lalu bagaimana dengan peringatan Rasulullah mengenai penghuni neraka adalah kebanyakan dari kaum wanita? Ya memang benar, penyebabnya ialah karena wanita selama di dunia sulit untuk menahan hawa nafsu, tidak menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslimah, dan cenderung terlena dengan kemewahan dunia. Akan tetapi,  pada dasarnya wanita memiliki peluang masuk surga lebih besar dibandingkan laki-laki, jika wanita bisa melaksanakan apa yang telah Allah dan Rasul sampaikan.

Surga adalah suatu tempat di akhirat yang disediakan oleh Allah SWT bagi orang-orang mukmin yang bertaqwa dan beramal shaleh. Banyak sekali kriteria-kriteria calon penghuni surga, seperti selalu berbakti kepada orang tua, seseorang yang sering menangis karena rasa takutnya kepada Allah SWT, istri yang selalu taat kepada suaminya, seseorang yang suka berlaku jujur, seseorang yang bersabar atas setiap musibah, seseorang yang tidak meninggalkan shalat fardlu, dan masih banyak lagi amalan-amalan yang dapat mengantarkan kita ke surganya Allah.

Pada bagian pertama buku ini, mengupas secara detail mengenai kenikmatan yang terdapat di dalam surga, macam-macam surga dan kriteria orang yang dapat masuk di salah satu surga-Nya. Kenikmatan yang ada di dalam surga tiada tandingannya. 

Surga sangatlah bersih. Di dalam surga terdapat istana-istana megah yang disediakan untuk para penghuninya. Di dalam surga juga terdapat sungai-sungai dari susu yang lezat. Para penghuni surga setiap harinya akan bertambah cantik atau tampan. Tiada kata-kata kotor dan keji yang tiada berguna didengar oleh penghuni surga. Perkataan yang terucap adalah kata-kata yang indah, enak didengar, dan bermanfaat.

Wanita memang istimewa. Banyak hal yang telah Rasulullah SAW wasiatkan kepada wanita, akan tetapi tidak diwasiatkan kepada laki-laki, seperti terdapat ibadah-ibadah khusus yang dapat dilakukan oleh wanita saat haid, sehingga tidak menghalangi wanita untuk beribadah kepada Allah yang tentunya juga dapat mendatangkan pahala dari Allah SWT. 

Tentu saja hal tersebut merupakan bentuk penghormatan dan perlindungan kepada wanita yang secara fitrah memang berbeda dengan kaum laki-laki (halaman 41). Ciri-ciri wanita penghuni surga ialah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berbakti kepada kedua orang tua, taat dan menghormati suami, menjadi ibu yang baik bagi anak-anak, gemar melakukan ibadah baik ibadah wajib maupun sunnah, menjaga kehormatan dan menutup aurat, pandai menjaga lisan, dan selalu melakukan dzikir.

Figur wanita penghuni surga yang dijelaskan pada hadist riwayat Ahmad, adalah Khadijah binti Khuwailid, Maryam binti Imran, Asiyah istri Fir’aun, dan Fatimah binti Muhammad. Khadijah adalah sosok perempuan yang berbudi pekerti luhur, wanita pertama yang membenarkan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah, dan wanita yang rela mengorbankan harta, jiwa, dan raganya demi tegaknya agama Allah SWT. Fatimah adalah putri Rasulullah yang patuh dan taat pada ayahnya, dan seorang istri shalehah yang sangat patuh pada suaminya. Maryam binti Imran adalah seorang wanita suci yang selalu menjaga kehormatannya dan seorang ibu yang berhasil mendidik anaknya menjadi rasul yang luar biasa shalehnya. Asiyah binti Muzahim adalah wanita shalehah yang sabar menjalani hidup bersama suami yang ingkar terhadap Allah SWT dan seorang wanita yang teguh menjaga iman dan islamnya. Sosok wanita-wanita tersebut merupakan contoh bagi wanita muslim di dunia saat ini yang ingin mendapatkan ridha Allah SWT.

Selain menjelaskan mengenai sosok-sosok perempuan yang dijamin surga oleh Allah SWT, pada bagian lain buku ini juga menjelaskan mengenai sosok wanita calon penghuni neraka, pedihnya siksa neraka, dan sebab-sebab wanita masuk neraka. 

Dalam buku ini, penulis menjelaskan secara detail hal-hal tersebut dengan dikaitkan terhadap fenomena yang memang terjadi pada kaum wanita saat ini. Memang banyak sekali godaan-godaan nafsu duniawi yang dihadapi wanita, akan tetapi jika wanita tersebut dapat teguh terhadap hukum-hukum Allah, maka akan selamat selama di dunia dan di akhirat kelak. Pada bagian akhir buku ini terdapat kumpulan do’a-do’a khusus bagi wanita yang merindukan surga Allah.

Buku yang memiliki tampilan sederhana dengan paduan warna putih dan tosca, akan tetapi memiliki isi yang sangat bermakna terutama bagi wanita yang saat ini banyak dihadapkan oleh gejolak-gejolak duniawi. Buku yang menjadi bacaan wajib dan cocok bagi semua kalangan wanita muslim baik yang masih remaja, akan menikah, maupun yang telah menjadi seorang istri, dan yang akan menjadi seorang ibu. Tidak hanya untuk kaum wanita saja, buku ini juga cocok dibaca oleh laki-laki yang ingin ibu, istri, maupun saudara perempuannya dapat menggapai surga-Nya. Buku ini menjelaskan ternyata banyak jalan untuk dapat menuju surga-Nya. Buku yang isinya dijelaskan secara detail, akan tetapi ringan dibaca, mudah dipahami, dan banyak manfaatnya. Buku ini dapat menimbulkan perasaan bahagia, haru, dan kagum terhadap kebaikan yang diberikan Tuhan kepada kita. Isi dari buku yang tidak diragukan lagi kebenarannya karena dilengkapi dengan Firman Allah dan Hadist. Buku ini juga dilengkapi dengan kartu dzikir harian Fatimah Az-Zahra putri Rasulullah SAW dan do’a-do’a lain yang tentunya sangat bermanfaat.

Kekurangan dari buku ini adalah saat pertama kali membuka buku ini,  muncul feel kurang tertarik karena isi tulisan yang digunakan kecil-kecil dan menimbulkan kesan banyak cerita yang termuat dalam buku ini. Akan tetapi, secara keseluruhan buku ini sangat memotivasi pembaca yang ingin menjadi pribadi yang shalehah dan dicintai Allah. Selamat membaca!

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment