Refleksi 10 Tahun Perjalanan STITAL Galis Bangakalan

JATIMAKTUAL,- 
(hasil revisi saya) 

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy (STITAL) adalah perguruan tinggi swasta Islam dibawah binaan kopertais IV Surabaya Jawa Timur, yang bernaung dibawah Akte Yayasan Pondok Pesantren Al-Ibrohimy Galis Bangkalan Madura  Jl.  Raya Galis No. 03 Bangkalan

Secara geografis, STITAL merupakan Kampus satu-satunya yang terletak diporos jalan Provinsi di Bangkalan, tepatnya di kecamatan Galis yang saat ini telah memiliki 3 program studi, yaitu, pendidikan agama islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), pendidikan Islam Usia Dini (PIAUD). Saat ini juga dipercaya untuk mengelola program Perkuliahan beasiswa khusus guru Madrasah Diniyah (MADIN) dari pemprov Jawa Timur.

Sejarah Berdirinya STITAL

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan pertama kali didirikan pada 07 Desember  2007. Lahirnya STITAL tidak lain untuk menjawab tantangan zaman yang begitu dinamis diera globalisasi serta kecanggihan teknologi dan informasi. Pendidikan di Indonesia seiring berjalannya waktu menuntut manusia mempunya nilai tawar dan daya saing yang tinggi, baik dibidang intlektual, sikap dan keterampilan. Selain itu, berdirinya STITAL tidak lepas dari kepedulian keluarga besar Al-Ibrohimy akan kondisi pendidikan ada saat ini, dimana kondisi sosial yang begitu kompleks dan dekadensi moral yang semakin  parah merambah generasi bangsa. Atas dasar fenomena-fenomena itulah, maka keluarga besar Al-Ibrohimy Galis Bangkalan terpanggil untuk mendirikan kampus Islam berbasis pendidikan. 

Alasan kuat lainnya adalah untuk mencetak Generasi Bangsa yang mempunyai bekal ilmu Agama Islam dan kematangan intlektual dan nantinya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. STITAL juga didirikan dengan tujuan untuk mencetak calon-calon Guru Profesional Berakhlakul Karimah yang bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan, sehingga mahasiswa yang melaksanakan program perkuliahan di kampus STITAL dibekali berbagai keterampilan yang diasah baik secara akademis maupun non akademis yang dikemas dalam kegiatan organisasi dilingkungan kampus. Tujuannya tidak lain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai cita cita kemerdekaan, sebagaimana yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, sekaligus menjalankan amanah UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, serta mencetak guru yang profesional sesuai amanat UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Program Study di Kampus STITAL

Sejak berdirinya 10 tahun yang lalu, jurusan pertama yang dibuka di STITAL adalah Pendidikan Agama Islam. Dengan ketelatenan dan kerja keras dari semua pihak, kampus STITAL mampu dikenal oleh publik. Sudah ratusan mahasiswa menyandang gelar sarjana pendidikan Islam dari kampus yang ada di pusat kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan ini. 

Seiring berjalannya waktu, pihak akademik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Bangkalan selalu berbenah dan berusaha meningkatkan kualitas SDM dan memenuhi sarana dan prasarana kampus. Sehingga pada Juli 2016, kampus STITAL menambah jurusan baru yaitu, PIAUD.  Dan pada Juni 2017, turunlah SK Prodi PGMI. Tidak hanya itu, melihat perkembangan yang selalu dilakukan oleh kampus STITAL, maka pemprov Jawa Timur mempercayai STITAL untuk menjalankan program perkuliahan Beasiswa Guru Madrasah Diniyah (Madin) 

Tantangan Demi Tantangan

Tidak mudah bagi sebuah lembaga perguruan tinggi untuk tetap mempertahankan elektabilitas dan kualitas kampus kecuali dengan komitmen dan kesabaran yang kuat. Adanya mahasiswa yang datang dari berbagai daerah mengharuskan pihak civitas akademik mampu mencerna dan menganalisa serta berusaha keras agar gesekan-gesekan antar mahasiswa yang begitu beragam karakternya mampu disatukan dalam bingkai satu almamater yaitu STITAL.

Dalam mengembangkan bakat, STITAL menyediakan wadah organisasi, baik di internal maupun eksternal kampus. Selain lewat organisasi, kampus juga memberi wadah berkreasi kepada mahasiswa lewat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berjumlah kurang lebih 6 UKM, tujuannya tidak lain agar mahasiswa STITAL mampu mengasah pengetahuan, mengembangkan bakat serta keterampilan. Dan yang terpenting adalah ilmu yang didapatkan pada saat kuliah dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dibidang pendidikan sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Terpaan demi terpaan datang bertubi-tubi, baik dari internal maupun eksternal kampus. Namun cobaan itu tidak menyurutkan niat dan semangat keluarga besar STITAL untuk tetap eksis dibidang pendidikan.  Karena keluarga besar STITAL mempunyai keyakinan tinggi, bahwa mencerdaskan generasi bangsa adalah cita cita kemerdekaan dan sebuah kewajiban bagi semua manusia.


Oleh karena itu,  kampus STITAL akan tetap berkomitmen memberikan kontribusi dalam kemajuan pendidikan di Kabupaten Bangkalan dengan cara mencetak calon guru yang mempunyai jiwa spritual dan moral yang tinggi, pengetahuan yang matang serta keterampilan yang cakap sehingga nantinya ketika berbaur dengan masyarakat dapat menjadi insan yang berguna bagi bangsa, negara dan agama. Amien Ya Robbal Alamien..

Penulis : Jamal Imron, M.Pd.I
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment