MUSWIL IV IMPI WIJAYATIRTA “Ajang Sillaturrohim warga PGMI Se-Jatim, Jateng dan Yogyakarta”

JATIMAKTUAL, Malang,- (18/11/2017) Ikatan Mahasiswa PGMI se-Indonesia (IMPI) Wijayatirta menyelenggarakan MUSWIL ke-4 yang bertepatan di UNISMA Malang pada tanggal 17-19 November 2017 dengan tema “Dari IMPI Untuk Indonesia dan Peradaban Dunia”. MUSWIL ini diselenggarakan sebagai forum pergantian pengurus IMPI Wijayatirta juga sebagai ajang silaturahim di daerah wilayah III. Pada hari pertama, 17/11/2017 dibuka dengan Seminar Nasional di pagi hari, langsung dilanjutkan MUSWIL di siang harinya hingga hari kedua ini. Hari pertama berisi tentang Pembacaan Tata Tertib Pelaksaan Persidangan, Laporan Pertanggungjawaban Pengurus IMPI Wijayatirta 2016/2017, dan pemilihan Calon Ketua IMPI Wijayatirta.

Pada hari pertama, setelah Laporan Pertanggungjawaban Pengurus IMPI Wijayatirta 2016/2017, sedikit diadakan diskusi tentang PGMI. Hal tersebut dilakukan dengan sesi Tanya Jawab oleh Pengurus IMPI Wijayatirta 2016/2017 dengan peserta penuh sidang. Forum ini membahas tentang bagaimana tentang lulusan PGMI kedepannya, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang jurusan ini. Padahal PGMI ini adalah jurusan yang berada di naungan Kemenag yang ada hampir di setiap Universitas Islam. Sedangkan jika dibandingkan dengan PGSD, PGMI ini terbelakang pada pandangan masyarakat. Mengapa bisa seperti itu? Yaa terlihat ketika pendaftaran CPNS, hampir jarang sekali dari lulusan PGMI yang diterima. Inilah yang menjadi tanda Tanya hingga saat ini, inilah yang menjadi permasalahan saat ini yang harus diselesaikan. Mengapa PGMI belum setara dengan PGSD yang berada di bawah naungan Kemendikbud? Apakah PGMI harus berada di bawah Kemendikbud agar bisa dikenal masyarakat? Yuks kita pecahkan bersama!

Dilanjutkan dengan pemilihan Calon Ketua IMPI Wijayatirta. Dalam pemilihan ini, banyak peserta penuh yang menyalonkan temannya atau orang yang dirasa cocok menjadi Ketua wilayah. Dimulai dari Agung Alamsyah (UIN Maliki Malang) menanyakan kepada presidium sidang, apakah presidium sidang bisa dicalonkan sebagai bakal calon ketua? Ketika forum memperbolehkan hal tersebut, Agung menyalonkan Eko Pradipta sebagai bakal calon.

Lalu muncullah banyak suara yang dicalonkan sebagai bakal calon Ketua Wilayah, yakni:
1. Eko Pradipta (IAIN Pekalongan)
2. Wiranto Wijaksono (UIN Walisongo Semarang)
3. Sahal Mahfud (UNISLA)
4. Hisyam (IAI Uluwiyah Mojokerto)
5. Aisyah FR (UIN Sunan Kalijaga)
6. Agung Alamsyah (UIN Maliki Malang)
7. M.Farich R (UIN Maliki Malang)
8. Nurma Lailatun N.A (UIN Maliki Malang)
9. Lutfi (IAINU Kebumen)
10. Iftah (UMSIDA)
11. Hida (UNISLA)
12. Izudin (STAI Al-Anwar Sarang, Rembang)

Setelah ditanya kesiapan untuk menjadi Ketua Wilayah. Mengerucut menjadi 3 orang yakni, Eko Pradipta, Hisyam, dan Izudin. Dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi dan voting yang menjadikan Eko Pradipta (IAIN Pekalongan) sebagai Korwil terpilih 2017/2018, Hida (UNISLA) sebagai Sekretaris Umum Wijayatirta, Hisyam (IAI Uluwiyah Mojokerto) sebagai Bendahara Umum Wijayatirta, Irfan (UNISMA) sebagai Koordinator Jawa Timur, Izudin (STAI Al-Anwar Sarang, Rembang) sebagai Koordinator Jawa Tengah, dan Anam (STAIPA Jogjakarta), dan lain-lain.

Acara dilajutkan dengan pelantikan yang sangat sakral yang dipandu oleh Ketua Umum IMPI Pusat yakni M. Husnur Ridho (UIN Maliki Malang) sebanyak kurang lebih 60 orang. “Harapan saya IMPI Wijayatirta menjadi lebih baik, serta terus berkarya dan berinovasi untuk kemajuan pendidikan Indonesia, jangan lupa tujuan sendiri sebagai wadah Aspirasi warga PGMI se-Indonesia” Sambutan demisioner Ketua Wilayah, Achmad Fatkhurrozi. Semoga kepengurusan IMPI Wijayatirta ke-4 bisa mengemban amanahnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Berlanjut dengan acara Sarasehan untuk sharing proker antar kampus dan ajang silaturahim yang ditunggu-tunggu. Dan keesokan harinya akan ditutup dengan trip peserta Muswil IMPI Wijayatirta ke-4 ke Turen. Closing steatment dari kami, IMPI bukanlah organisasi yang legal seperti lainnya. Namun IMPI-lah yang menyatukan PGMI dari Sabang sampai Merauke. IMPI WIJAYATIRTA “loyal, jaya, huha!”

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment