Mahasiswa Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

JATIMAKTUAL, OPINI,- Dalam kehidupan bermasyarakat Mahasiswa menjadi suatu Komunitas Aktor utama penggerak perubahan dan kebenaran menuju perbaikan, karna Mahasiswa mengembang amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi,  Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. serta berdalih pada sebuah kata-kata, Mahasiswa sebagai amanah nasib penderitaan Rakyat yang di melaratkan oleh sistem.

seluruh Masyarakat dari Sabang sampai Meraoke yang di kasih kesempatan oleh tuhan pada saat ini untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi, berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) hanyalah sekitar 25% Pemuda yang menyandang perguruan tinggi . tentunya Seseorang dapat dikatakan sebagai seorang Mahasiswa apabila ia tercatat sebagai Mahasiswa secara Administrasi di sebuah perguruan tinggi yang tentunya mengikuti kegiatan Belajar dan Mengajar serta kegiatan lainnya.

untuk mewujudkan cita-cita pencerahan kehidupan Bangsa kita di masa depan. “The founding leaders” Indonesia telah meletakkan Dasar-Dasar dan tujuan Kebangsaan sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945, atas dasar itulah Mahasiswa secara historis telah mencatatkan kaki dalam sejarah perubahan, menjadi Garda terdepan, dan motor penggerak perubahan. Komunitas Mahasiswa dikenal dengan jiwa militannya dan pengorbanan yang tak kenal lelah mempertahankan idealismenya, yang lebih substansial lagi, mahasiswa mampu berada sedikit di atas kelas masyarakat karena dengan kesempatan dan kelebihan yang dimilikinya.

"Jadi, suatu hal yang lumrah bila kita sebagai Mahasiswa sekaligus Generasi penerus bangsa tentu memiliki peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta memiliki pengaruh yang sangat besar untuk kemajuan suatu negara sebab siapa lagi yang akan memajukan dan meningkatkan negara ini kalau bukan di antara kita para mahasiswa"

sebagai kaum intelektual peranan mahasiswa sangat dibutuhkan dan sangat penting dalam konteks perubahan Bangsa ke arah lebih baik. Mahasiswa dapat merealisasikan teori yang di pelajarinya di Kampus, terhadap masalah dinamika sosial yang terjadi di Masyarakat. Mahasiswa juga harus berpikir kritis dalam menyelesaikan Problematika yang ada di tengah Masyarakat dan memberikan solusi. Selain itu Mahasiswa yang di kenal sebagai kaum intelektual adalah Generasi penerus Bangsa untuk meneruskan dan menggantikan Generasi sebelumnya untuk melakukan perubahan Bangsa ke arah yang lebih baik dan maju.

peran mahasiswa terhadap NKRI ini bukan hanya duduk di depan meja dan dengarkan dosen berbicara, akan tetapi mahasiswa juga mempunyai berbagai perannya dalam melaksanakan perubahan untuk Negara Indonesia, peran tersebut adalah sebagai Generasi penerus yang melanjutkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan pada suatu kaum, sebagai generasi pengganti yang menggantikan kaum yang sudah rusak moral dan perilakunya, dan juga sebagai Generasi pembaharu yang memperbaiki dan memperbaharui kerusakan dan penyimpangan negatif yang ada pada suatu kaum.

Mahasiswa dapat menjadi kontrol bagi berjalannya pemerintahan. Baik dalam pembuatan kebijakan maupun peraturan yang dilakukan oleh pemerintah. Mahasiswa juga bisa sebagai penyalur aspirasi masyarakat kepada pemerintah. Aspirasi ini bisa dilakukan oleh Mahasiswa dengan salah satu cara Klasifikasi, audiensi maupun Demonstrasi, tetapi Demonstrasi yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan dan tidak anarkis, serta tidak merusak infrastuktrur maupun sarana dan prasarana yang ada.

Gerakan perjuangan Mahasiswa Indonesia tidak boleh berhenti dan tergadaikan sampai kapanpun, gerakan perjuangan Mahasiswa saat ini tidak hanya dengan bergerak bersama-sama untuk Berdemonstrasi dan berorasi dijalan-jalan saja, akan tetapi wahai para “agent of change”, cobalah untuk bertindak bijak dengan intelektualisme, idealisme, dan keberanian mu untuk bisa senantiasa menanamkan ruh perubahan yang ada dalam dirimu untuk bisa memberi kebaikan dan berperan besar serta bertanggung jawab untuk memberikan kemajuan bangsa dan Negara Indonesia.

Seorang mahasiswa dituntut harus mampu menciptakan kreativitas dan inovasi-inovasi yang dijadikan dasar, kiat untuk menciptakan peluang keberhasilan dan kesuksesan dengan cara yang baik dan benar.

by: arman detektive 96

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment