UPACARA HUT TNI KE -72 DI RAMPAL MALANG

JATIMAKTUAL, Malang,- 5/10/2017. Bertempat di Lapangan Parade Brawijaya Rampal Malang Jl. PB. Sudirman Kec. Blimbing Kota Malang telah dilaksanakan kegiatan Upacara HUT TNI ke 72 Tahun 2017 dengan tema "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil Dan Makmur". 

Bertindak sebagai Irup Dr. H. Rendra Kresna, BcKU, SH, MM, MPM. (Bupati Malang) dan bertindak sebagai Danup Mayor Lek Bambang Priyanta. (Kepala Sub Seksi Pengendalian Lalulintas Udara Lanud Abd. Saleh Malang).

Adapaun pasukan yang terlibat dalam upacara sebagai berikut, 1 SST Satsik Ajendam V/Brw. 1 SST Wan TNI. 2 SST Pamen TNI. 1 SSK Pama TNI. 1 SSK Kowil TNI. 1 SSK (Rindam V, Dodikjur Rindam V, Dodikbelneg Rindam V, Minvetcad V/17 dan Minvetcad V/28). 1 SSK (Ajendam V, Kudam V, Kumdam V, Hubdam V, Kesdam V, RST Soepraon Malang, Topdam V, Bintaldam V dan Denzibang 2). 1 SSK (Makorem 083, Kodim 0818, Denkesyah, Denpal, Denbekang, Denhubrem 083 dan Domatzi). 1 SST Menarmed 1/2 Kostrad. 1 SST Yonarhanud 2/2 Kostrad. 1 SST Yonkes 2/2 Kostrad. 1 SST Yonkes 2/2 Kostrad. 1 SST Kikavtai 8/2 Kostrad. 1 SST Pusdik Arhanud Kodiklat TNI AD. 1 SST Yonzipur 5. 1 SST Lanal Malang. 1 SST Lanud Abd. Saleh Malang. 1 SST Yonko 464 Paskhas. 1 SSK PNS TNI. 1 SSK Ormas (1 SST Mahasiswa Poltekes Soepraoen, 1 SST TRC dan 1 SST FKPPI) dan 1 SSK Pramuka.

Dalam amanatnya Panglima TNI yang dibacakan oleh  Irup Dr. H. Rendra Kresna, BcKU, SH, MM, MPM. (Bupati Malang), Pada peringatan ke-72 Hari TNI Tahun 2017 kali ini, dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif kemampuan para prajurit maupun Alutsista TNI. Hal ini sebagai bentuk Iaporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku Panglima Tertinggi dan seluruh rakyat Indonesia tentang kesiapan Alutsista TNI termasuk yang terbaru dan performa prajurit TNI, sehingga bangsa Indonesia dapat melihat kekuatan TNI secara Iangsung, sebagai komponen utama pertahanan negara. Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah, TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak.

Lebih lanjut, Selanjutnya mengenai kesejahteraan Prajurit, Pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI melalui peningkatan penghasilan dalam program remunerasi, di bidang perumahan yang diwujudkan dalam bentuk rumah susun maupun perumahan non dinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana sehat dengan mendapatkan bantuan untuk meringankan uang muka dari Pemerintah. Indonesia akan terus menghadirkan TNI pada penyelesaian konflik internasional di bawah bendera PBB. Saat ini misi kemanusiaan yang sedang dilaksanakan kepada etnis Rohingya Myanmar, upaya ini terus kita Iaksanakan dalam rangka memperbesar komitmen dan peran Indonesia dalam pemeliharaan perdamaian dunia sesuai amanah Pembukaan UUD Tahun 1945 dan Survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) bahwa masyarakat menilai TNI sebagai institusi paling solid dan terpercaya.

Diakhir amanatnya menyampaiakan Guna meneguhkan hati dan menguatkan jiwa segenap prajurit TNI, saya ingatkan kembali dan instruksikan hal-hal untuk dipedomani sebagai berikut: 

- Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai Iandasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

- Kedua, tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa. Oleh karena itu, tempatkan tugas di atas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan. 

- Ketiga, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

- Keempat, pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia.

- Kelima, bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud onalitas tegak lurus yang jelas dan tegas. 

- Keenam, selalu hadir di tengahtengah masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan dimanapun berada. Lanjutkan haI-hal positif yang telah terbina selama ini, selalu berinovasi dan berkreasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengantisipasi segala bentuk ancaman proxy war dan cyber war, yang menjadi ancaman nyata bangsa saatini. 

- Ketujuh, Laksanakan semua tugas dengan niat berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas hanya untuk Negara kesatuan Republik Indonesia.

Hadir dalam kegiatan, antara lain,  Kepala Komite Medik di RST. Soepraoen (Kolonel CKM Dr. Puguh). Walikota Malang (H. Moch. Anton). Danbrigif PR 18/2 Kostrad (Kolonel Inf Renal Aprindo Sinaga). Kadislog lanud Abd. Saleh Malang (Kolonek Tek S. A. Bangkit). Palaksa Lanal Malang (Letkol Laut Muryanto). Kasrem 083/Bdj (Letkol Inf Sugiyatmono). Danpuslatpur Purboyo (Letkol Mar Widoyono). Dandim 0833/Kota Malang (Letkol Inf Nurul Yakin, MA). Dandim 0818/Kab. Malang (Letkol Arm Muridan, S. Si, M. Sc). Kapolres Malang Kota (AKBP Drs. Hoiruddin Hasibuan, S.H., M. Hum). Kapolres Malang (AKBP Yade Setiawan Ujung, S.H, SIK, M. Si). Para Dansatjar Wilayah Malang. Para Pimpinan DPRD Wilayah Malang dan Pasuruan. Ketua Pengadilan Negeri Malang Kelas I-A (Bpk. Nursyam, S. H., M. Hum). Kepala Kejaksaan Negeri Malang (Purwanto Joko Irianto, SH, MH). Para OPD Wilayah Malang. Perwakilan dari BPC Gapensi Kota Malang, PT. Pertamina (Persero) TBBM Malang, Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang dan Managemen PLN Area Malang. Perwakilan dari PT. Bank Woori Saudara Indonesia 1906, Tbk KC Malang, Bank Jatim Cabang Malang, Bank BRI Kanwil Malang. Bank BRI Kanca Malang Martadinata, PT. Bank Mandiri (Persero) Area Malang dan Bank BNI Cabang Malang. Ormas/Komunitas diantaranya FKPPI, PPMR dan Pramuka Wilayah Malang dan Pensiunan/Veteran TNI, Toga, Tomas dan Toda Wilayah Malang.

Kontributor : Penrem 083/Bdj
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment