SASTRA SASTRI DI MATA SEMBILAN PENULIS

Oleh Moh. Ghufron Cholid

Sastra Sastri adalah nama keren kepanjangan dari Sastra yang ditulis oleh Sastri Bakry. Sastra Sastri sendiri diambil sebagai langkah untuk memudahkan seseorang mengingat peran Sastri Bakry dalam berkarya.

Buku Mengupas Sastra Sastri Kumpulan Kritik Puisi ditulis oleh 9 penulis yakni Ahmadun Yosi Herfanda, Dasril Ahmad, Denni Meilizon, Moh. Ghufron Cholid, Yandigsa, Narudin (Indonesia), Djazlam Zainal, Norawi Hj Kata dan Arbak Othman (Malaysia), kesemuanya mengupas karya Sastri Bakry berdasar persepsi masing-masing. Diharapkan dengan adanya buku ini khazanah kritik sastra Indonesia semakin kaya warna.

Sastri tak hanya seorang pejabat pemerintah juga seorang penulis yang disadari atau tidak akan menjadikan tiap tugas atau tualang sebagai rekam jejak. Seorang yang memadukan antara seni gerak dan tulis.

Dari ragam karya sastra sastri dikupas dalam buku ini sehingga membaca buku ini bisa menjadi salah satu cara mengenal Sastri Bakry dari ragam sisi secara lebih dekat.

Membaca buku ini kita minimal disuguhkan dua point utama yakni mengenal ragam kritik puisi kontemporer, bagaimana seorang penulis melakukan kritik puisi yang kedua kita bisa semakin mengenal sosok Sastri Bakry, seorang pejabat pemerintah yang juga seorang penulis.

Paling tidak kehadiran buku ini bisa menjadi tambahan referensi jika ingin melakukan kritik puisi. Dengan demikian kita sudah bisa memiliki pandangan awal apa yang mesti kita lakukan jika kita hendak mengkritik puisi.

Buku ini akan menjadi semacam suplemen bagi kita agar kita memiliki keberanian menyuarakan apa yang kita baca dalam tulisan agar pandangan kita tidak mudah hilang dalam ingatan.

Buku ini diterbitkan oleh pustaka senja pada bulan Juli 2017 dieditori oleh Narudin. Isi tulisan lumayan bagus namun ada halaman kosong di belakang yang terkesan mubadir. Jika ada edisi revisi barangkali bisa diisi dengan lembaran catatan pembaca biar lebih menarik. Catatan pembaca sendiri bisa diisi oleh pemilik bukunya maupun orang yang telah dipilih untuk mengisi biar tak terkesan mubadir

Junglorong, 28 Oktober 2017

Biodata Penulis
Moh. Ghufron Cholid adalah nama pena Moh. Gufron, S.Sos.I, lahir di Bangkalan, 7 Januari 1986 M. Menulis puisi, cerpen, pantun dan esai serta melukis. Menetap di Pondok Pesantren Al-Ittihad Junglorong Komis Kedungdung Sampang Madura.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment