PAGELARAN WAYANG KULIT DALAM RANGKA JAMASAN/SIRAMAN PUSAKA TOMBAK KANJENG KYAI UPAS

JATIMAKTUAL, Tulungagung,- Pagelaran wayang ini , merupakan rangkaian acara siraman tombak Kanjeng Kyai Upas , yang bertujuan selain untuk menghibur warga , hal terpenting adalah untuk lebih mencintai seni budaya Indonesia yang harus senantiasa kita lestarikan dan cintai di tengah maraknya budaya asing. Keanekeragaman seni budaya di Kab Tulungagung,7 merupakan aset yang cukup menggembirakan jika di tinjau dari segi kwantitasnya, termasuk acara siraman ini.

Ini yang disampaikan Bupati Tulungagung Syahri Mulyo pada acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Jamasan/siraman tumbak Kanjeng Kyai Upas di halaman Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumen jln Urip Sumoharjo Kel. Kepatihan Kec/Kab Tulungagung. Jum’at malam(6/10/17)

Lebih lanjut Bupati mengatakan Kegiatan rutin tahunan ini dilakukan setiap hari Jumat Wage pada bulan Suro di atas tanggal 10 pada penanggalangan Jawa,” kata Sunarko, Ketua Panitia Jamasan Tombak Kyai Upas. Tujuan dari jamasan ini sendiri untuk menghormati dan melestarikan budaya jamasan Tombak Kyai Upas. Selain itu juga sebagai nasehat bagi masyarakat Tulungaagung untuk tidak mengkultuskan tombak ini. Hanya untuk melestarikan dan menghormatinya dilakukan siraman atau jamasan. Kita tidak boleh mengkultuskan, namun sekedar menghormati budaya ini," katanya

Sementara itu Kadin Pariwisata yang di wakili Kabid Promosi Dinas Pariwisata Heru Mujiono spd menyampaikan dengan mengetahui begitu unik dan menariknya kesenian daerah yang ada di daerah kita masing-masing , kita sebagai generasi penerus wajib melestarikan budaya yang telah di wariskan kepada kita sebagai harta yang paling berharga untuk kita miliki dan kita banggakan .

Kemudian Penyerahan tokoh wayang dari Kadin Pariwisata kepada dalang Ki Sunarto dari Dinas Kemenpora Tulungagung dengan lakon TOPENG WOJO.

Hadir dalam pagelaran tersebutDandim 0807/Tulungagung Letkol Czi H.Agung Isa Rakhman SH, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Heru Mujiono spd, Kepala Kelurahan Kepatihan Gatot Subroto SH, Babinkamtibmas dan Babinsa Kel. Kepatihan serta Tomas dan Toga.(Md Dim 0807)

Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment