Membangun Karakter Hari Santri Nasional

JATIMAKTUAL,- Hari santri Nasional jatuh pada tanggal 22 Oktober sebagai  bentuk rasa syukur atas  nikmat kemerdekaan yanug telah dianugerahkan Tuhan kepada Bangsa Indonesia. 

Disamping itu juga, hari santri Nasional mengenang jasa- jasa perjuangan para santri dalam merebut bumi pertiwi dari tangan penjajah.

Oleh karena itu, seyogyanya institusi negara dan institusi pendidikan khususnya institusi pendidikan agama Islam menggelar upacara hari santri nasional dengan cara  mereka masing-masing. Diantaranya,    menggelar workshop, seminar, talkshow dan memakai busana santri.

Lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial al-Mihrab mengadakan "Camp Amtsilati" atau "Kemah Sehari" di Rawa Indah Almour Alassumur Pujer Bondowoso yang menjadi destinatsi wisata kebanggaan masyarakat Bondowoso.

Acara ini mendapat suport logistik dari ibu Nia salah satu orang tua peserta yaitu ananda Isyan dari Bondowoso. "Acara ini unik sekali tapi sangat menarik, karena anak-anak  belajar sambil berlibur." tegas bapak Nasrul salah  satu pengunjung almuor dari Kalisat Jember.

Agenda kegiatan ini, mulai dari pagi sampai sore hari diisi dengan setoran hafalan grametika arab yang populer yaitu 'alfiyah'. Juga acara itu diisi dengan out-bond dan uji nyali dengan cara naik  flaying  fork. Setelah itu istirahat sejenak kemudian dilanjutkan dengan aneka permainan, mulai dari petak umpet, tepuk islam, tepuk pramuka dan tebak-tebakan. Acara tersebut dipandu oleh bendahara yayasan al-Mihrab ibu Siti Nur Aini, S.Sos.I, S.Pd., S.Pd.SD.

Disamping itu juga, peserta dibentuk panitia mulai dari ketua, sekretaris, bendahara dan seksi kebersihan serta seksi-seksi yang lain guna memberikan mereka bekal ilmu baik  shof skill ataupun hard skill agar nantinya mereka bisa memenej  hidupnya sendiri tanpa menggantungkan kepada orang lain.

"Acara ini rutin dilakukan setiap bulan ditempat-tempat destinasi wisata baik yang berada diwilayah Bondowoso, Situbondo, Jember dan kota-kota yang lain". Ungkap ketua Yayasan al-Mihrab ust. M. Saeful Kurniawan, S.Pd., M.Pd.I 

Acara ini, ditutup dengan acara shalat berjemaah. Yang bertindak sebagai imam shalat ananda Liga peserta yg masih duduk dikelas lima SDN Prajekan Lor.

Semoga acara yang diselenggarakan minggu, 22 Oktober 2017 di Rawa Indah Almour ini mampu membangun karakter kesantrian yang tangguh dan mandiri.

Penulis : Afif
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment