DLH Ubah Motif Monumen Arek Lancor Pamekasan Dengan Memadukan Gerbang Salam

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- Setelah mendapatkan pemasrahan tanggung jawab atas peranannya menjaga kelestarian dan kebersihan Monumen Arek Lancor Pamekasan dari PU Cipta Karya ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kepala DLH langsung mengubah tekstur dari pagar dan kramik, Senin (16/10/2017).

Amin Jabir selaku Kepala DLH Pamekasan mengatakan, "Kita dinisi sebenarnya tidak memugar Monumen, kita hanya melihat setelah mendapatkan pemasrahan dari Cipta Karya untuk mengelola taman ini. Salah satu yang saya lihat adalah, Jantung Kota kita adalah taman Arek Lancor dan jantung dari Arek Lancor sendiri adalah Monumen ini," ucapnya kepada jatimaktual.com di Monumen Arek Lancor Pamekasan.

"Pagar yang terpasang itu, pagar DRSE yang sesungguhnya pagar itu bukan pagar taman, intinya ketika dilihat dari entetika sangat tidak elok banget. Kemudian dari sisi konstruksi rawan untuk rusak, jadi mudah bengkok dan lain sebagainya. Padahal sebagai jantung ini seharusnya kita pelihara," paparnya.

"Kemudian yang kedua, keramik yang terpasang ini sudah hancur dan pola pemeliharaannya ini ditambal dengan spaci, sungguh tidak indah dipandang," ujarnya.

"Akhirnya kami berinisiasi untuk membuat ini lebih elegan, jadi keremiknya yang sudah terkelupas itu sekalian dikelupas, dan kita ganti dengan granit dan memadukan warna dan kwalitas ganitnya yang tahan lama. Jadi semata-mata untuk mensinergikan fungsi dari taman Arek Lancor," pungkasnya.

"Kemudian desain untuk pagar ini kita padukan dengan aspek-aspek, yang kebetulan jantung kota ini dekat dengan Arek Lancor dan dikenal dengan Gerbang Salam, makanya motif-motif kubah, tetapi tetap kita pertimbangkan estetikanya," katanya.

"Mendisain ini kita cukup lama, karena masih ada perlombaan desain untuk ini, meski hanya untuk tingkat DLH, kira-kira desain siapa yang masuk, dan akhirnya kita sepak desain ini yang kita ambil," tutupnya.

Pihaknya pun menyampaikan untuk kwalitas pagar itu akan mampu bertahan selama 100 tahun, karena besi yang digunakan sangat tebal dan bagus.

Pewarta : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment