Luar Biasa.! SMAN 2 Pamekasan Dikenal Sekolah Adiwiyata.

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- Adiwiyata merupakan ajang bergengsi, berbagai sekolah dipilih secara khusus untuk ikut serta dalam program tersebut. Tak terkecuali SMAN 2 PAMEKASAN yang dikenal sebagai sekolah Adiwiyata kini memasuki tingkat yang lebih bergengsi lagi, yaitu menuju tingkat provinsi. Hal itu tentu menjadi perhatian Sekolah lain.

Menurut Ridwan, S.Pd. M.K.Pd,  selaku guru di sekolah SMAN2 Pamekasan mengatakan bahwa program Adiwiyata selama ini tidak pernah menimbulkan kesan negatif, malah program yang dibuat pemerintah tersebut sangat berdampak positif. Buktinya siswa serta guru selalu antisipasi untuk  menjaga lingkungan dengan kerja sama yang luar biasa. Kebiasaan tersebut meningkatkan karakter peduli terhadap lingkungan yang jarang mereka perhatikan. 

Seringkali sekolah ini mengadakan kerja bakti yang dilaksanakan setiap minggu. Kegiatan yang dilakukan antara lain membersihkan selokan, mencabut rumput liar lalu di daur ulang menjadi pupuk yang dapat menghasilkan rupiah.

Pihak kantin juga sangat berpartisipasi dalam pemilihan sekolah adiwiyata, hal itu terbukti ketika seluruh makanan dan minuman yang dijual tidak mengandung 5P(Pengawet, Pewarna, Pemanis, Penyedap, Pengental) kekompakan untuk menjaga kualitas sekolah dilakukan secara bersamaan yang mencakup seluruh elemen yang ada di sekolah SMAN 2 Pamekasan.

"Penyambutan untuk pihak Adiwiyata sudah mulai dipersiapkan, grup paduan suara sering berlatih agar pihak Adiwiyata tak merasa kecewa dengan sekolah ini." Ujar Mayang selaku anggota paduan suara itu.

Penilaian pihak adiwiyata dilihat dari kesiapan sekolah dalam meningkatkan budaya bersih, kesiapan peduli lingkungan, pelajaran yang selalu dikaitkan dengan lingkungan serta meningkatkan karakter siswa/i dalam pentingnya lingkungan bagi dirinya sendiri.

Harapannya. SMAN 2 Pamekasan, dapat membanggakan kota Pamekasan dengan menjadi sekolah adiwiyata tingkat provinsi. Dan menjadikan sekolah berkualitas, dapat dipertanggung jawabkan. 

Kontributor : Pupuh HM
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment