Jumlah Mahasiswa Menurun Drastis, Alumni Meminta Kemahasiswaan Mengundurkan Diri.

JATIMAKTUAL, BANYUANGI,- Pengenalan program studi (PPS) merupakan ujung tombak pemberian pemahaman dan pengetahuan mengenai kampus maupun Program Studi (PRODI) atau bahkan Fakultas di perguruan tinggi. Banyak istilah yang dipakai di berbagai kampus, tegantung lokalitas dan kebijakan masing-masing kampus itu sendiri , misalnya diistilahkan dengan ospek, ordik, oskar, dan lain-lain. Begitupun dengan materi materi yang di sematkan kedalamnya, mulai dari antropologi kampus, keorganisasian, hingga kemahasiswaan, dan lain sebagainya.

Di Universitas Bakti Indonesia (UBI) Banyuwangi, pengenalan tersebut di istilahkan dengan pengenalan program studi mahasiswa (PPSM), dilaksanakan sejak Sabtu (23/09) selama dua hari, peserta dari  Program Studi (PRODI) disetiap Fakutas terlihat berantusias mengikuti acara PPSM sampe akhir pengukuhan untuk menjadi mahasiswa UBI. Diketahui jumlah mahasiswa baru UBI sebanyak dan tidak lebih dari angka 31 mahasiswa di semua Fakultas, dengan jumlah 8 Fakultas di UBI. 

Berbagai komentar di berikan dari pihak-pihak terkait mengenai intensitas kwantitas mahasiswa baru di UBI, salah satunya adalah pernyataan dari jaringan alumni muda UBI, yang masih memikirkan regenerasi dan jumlah mahasiswa-mahasiswi baru di kampus, menyatakan, “Tentang menurunya jumlah mahasiswa baru disetiap tahunnya yang sangat drastis di UBI ini, pasti ada penyebabnya, saya rasa ini berawal dari bidang kemahasiswaan yang kurang bisa mengeksplorasi kemampuasn mahasiswa dan membuat mereka enggan untuk mempromosikan kampusnya sendiri, selain itu banyak pula mahasiswa yang pindah ketika sudah mengetahui proses belajar mengajar, dan mengetahui antropologi kampusnya sendiri”.

“Jadi lebih baik, dengan sadar wakil rektor di bidang kemahasiswaan untuk megundurkan diri, karna dinilai tidak mampu dan tidak mau untuk menyelesaikan kewajibannya dalam mengelola dan menunjang kwalitas mahasiswa, bahkan menunjang secara kwantitas pun sudah tidak mampu, terus apalagi yang di harapkan dari wakil rektor bidang kemahasiswaan UBI.” Abdul Ghoni menambahkan.

Pewarta : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment