Dinamika Peta Politik Desa, Menjelang Pilkades Palengaan Laok. -->
Cari Berita

Dinamika Peta Politik Desa, Menjelang Pilkades Palengaan Laok.

Friday, September 8, 2017

JATIMAKTUAL, OPINI,- Dinamika Peta Politik Desa Menjelang Pemilihan Kepala Desa Palengaan Laok Menjelang pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Palengaan Laok banyak dari semua kalangan ikut ambil bagian di ajang pesta demokrasi tingkat desa ini.

Pesta demokrasi yang dihelat lima tahun sekali ini menjadi perhatian khusus bagi masyarakat Palengaan Laok. Karena dalam kesempatan ini saatnya masyarakat menentukan pemimpin yang baik serta mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyrakat, baik di bidang Pendidikan, Ekonomi dan Budaya lokal. Hiruk pikuk pemilihan desa menjadi mahnet tersendiri.

Pembicaraan calon desa kini berada di semua kalangan, mulai dari orang dewasa yang memang sudah menjadi pelaku, tokoh Agama, Perempuan serta para pemuda. Semuanya ikut terlibat membahas para calon. Keterlibatan masyarakat dalam pesta demokrasi sangat diperlukan. Hal itu dilakukan guna untuk menjaga kestabilan desa serta sebagai bentuk pengawasan terhadap desa. Desa perlu diawasi sejak dini oleh masyarakat di semua sektor. Guna untuk mengilangkan tradisi buruk yang sejak dulu memang sudah ada di masyarakat. Tidak heran pembahasan pemilihan desa ada di berbagai tempat, mulai dari warung kopi, Pasar, arena bermain, serta masih banyak tempat ramai lainnya yang tidak kalah menarik.

Perbincangan dari para pendukung terus disampaikan untuk memengaruhi para pemilih, ada yang berbicara terkait latar belakang calon, penawaran jabatan, serta masih banyak hal lain yang di tawarkan. Pembahasan Pilkades tidak hanya memanas di tempat¬-tempat keramaian. Peran media sosial kini sudah terlihat menggejolak, salah satu media sosial (facebook) yang sering di gunakan dan menjadi ajang pembahasan, ada banyak pembahasan yang terjadi di facebook. mulai dari kampanye, provokatif sampai dengan bulliying dari para pendukung.

Pembahasan alot terus terjadi di facebook., bahkan terlihat full 24 jam. Secara konsep kampanye politik hal itu sudah lumrah dilakukan di semua jenjang kontestasi politik oleh para pendukung paslon. Kampanye merupakan hal yang wajib di lakukan, dalam hal ini penawaran janji calon ketika nantinya sudah terpilih.(read manajeman kampanye) Terlepas dari semua itu, ada banyak hal yang semestinya perlu dilakukan oleh para calon terkait Visi dan Misi, perlu disampaikan, baik secara langsung maupun secara tertulis, serta program unggulannya yang nantinya bisa membawa kemajuan bagi Desa Palengaan Laok. Masyarakat hari ini tidak perlu dengan tawaran janji yang memang sudah lawas dan lumrah ditawarkan.

Masyarakat juga perlu mengetahui Visi dan Misi dari semua calon, karna dengal hal itu masyarakat bisa mengetahui, bisa menilai dan kemudian nantinya juga bisa menentukan pilihannya. Saya khawatir ketika calon tidak punya Visi dan Misi yang jelas terutama untuk kemajuan Desa, hanya menjadi ambisi semata, demi target DD/ADD yang besaranya cukup fantastic.

Dana desa yang diberikan pemerintah yang mengambil dari keuangan negara sebesar 10% dari APBN. Dana desa itu berbeda-beda besarannya tergantung dari letak geografis. Secara pemetakan geografis, Desa Palengaan Laok merupakan desa paling luas di kecataman Palengaan, bahkan di tingkat kabupaten sekalipun. Tercatat ada 11 dusun di Desa Palengaan Laok. Di sisi lain pengeluaran dana desa berdasarkan jumlah penduduk dan angka kematian di desa tersebut. Adanya Pengelolaan dana desa itu berdasarkan dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 diikuti oleh PP Nomor 43 tahun 2014 serta PP nomor 60 tahun 2014 tentang Dana Desa, kemudian menyusul Permendagri nomor 113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Terlepas dari hal itu, masyarakat Palengaan Laok tentunya lebih tau dan paham bagaimana cara mereka menentukan pemimpin yang akan memimpin Desa selama lima tahun kedepan. Masyarakat harus jeli dalam memilih dan menentukan, Karena kesalahan dalam satu menitpun akan bergejolak dalam jangka waktu yang cukup panjang. Sabagai masyarakat Palengaan Loak, saya berharap siapapun nantinya yang terpilih menjadi kepala desa semoga mampu membawa kemajuan desa dan bisa memberi kesejehteraan kepada masyarakat desa Palengaan Laok. Semua lapisan masyarakat perlu bersama sama ikut andil dalam memajukan desa.

Mari kita bersama hibahkan diri kita untuk mengawal Pilkades, kemudian nanti bersama sama mengawal perencanaan, pembanguan dan evaluasi kerja desa, jika kita sebagai masyarakat desa tidak melibatkan diri, akan banyak warga dari desa lain yang nantinya akan banyak mengambil peran di desa kita sendiri. Maka dari itu, marilah menjadi warga desa yang cerdas dan pintar dengan cara ikut andil dalam merencanakan, membangun dan evaluasi kinerja kepala desa beserta para perangkatnya.

Penulis. Mulyadi