BERBAUR ADALAH KITA. KITA TIDAK HANYA BERPOLITIK (sisi lain dari organ Berbaur)

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- Koloman atau kompolan sudah lumarah di masyrakat madura. Yang berarti perkumpulan beberapa orang dengan kegiatan beragam yang diisi dengan kegiatan keagamaan atau lainnya.

Koloman berbaur merupakan kegiatan pengajian kitab DHUSTURUL AKHLAK yang menjelasakan tentang tatakrama, akhlak, dalam hidup sosial bermasyarakat, pengajian tersebut biasanya dilakukan setelah pembacaan surah –surah al-qur’an dan tahlil dan Nariyah bersama dan semancamnya.

Kegiatan tersebut dilakukan di setiap setengah bulan berpindah-pindah tempat antar kecamatan satu dan kecamatan lainnya, yang dihadiri oleh anggota Koloman Berbaur, mereka adalah kordus, kordes dan korcam Relawan Berbaur Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan semacam ini sejak Ra Baddrut Tamam,S.Psi menjadi anggota dewan periode ke 2 tahun 2014 sampai saat ini, Koloman Berbaur ini akan berlanjut sampai akhiruzzaman, karena kegiatan  ini adalah kegiatan peninggalan nenek moyang kita sebagai masayarakat Madura yang perlu di lesatarikan sebagai budaya.

Untuk edisi  Kali ini  Rabu 13 September 2017, Koloman Berbaur bertempat di Desa Terrak dirumah Ustadz Suhud (kordes) kecamatan Tlanakan , seperti biasanya pertemuan ini kita awali dengan pembacaan, Fatihah ,Sholawat Nariyah bersama dan pembacaan kitab DHUSTURUL AKHLAK.

Kali dibacakan oleh koordinator BERBAUR Kecamatan Tlanakan Kyai Syamsir Rijal, menurut koordinator Berbaur, Ra Abdus Shomad " tujuan koloman berbaur ini  hanya satu yaitu mempererat tali persilaturrahmian dan pertaretanan antara kita sesama"

"Semoga Kebersamaan dan Silaturrahmi ini akan membawa keberkahan dan kebahagiaan dunia akhirat untuk kita semua amin ya rabbal alamin" Imbuhnya di sela-sela acara sedang berlangsung.

(Vicky)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment