Spirit HUT RI Di bukit Scorpio, Spirit Membangun Potensi Desa.

JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- Dinas PMD, Pendamping P3MD, Pemeritah Kecamatan dan Pemerintah Desa mengelar HUT RI ke-72 dengan upacara pengibaran sang saka merah putih di bukit Scorpio desa Sumbercanting Kecamatan Wringin Bondowoso, kamis (17/8/2017).

Hadir pula dalam upacara sejumlah masyarakat dan pelajar asal desa Sumber Canting, Perhutani, Dinas Pariwisata serta Ikatan Mahasiswa Se- Kecamatan Wringin.

Drs.R.M. Shadiq, Camat Wringin dalam sambutanya mengatakan, kegitan yang digelar ini mejadi sangat istimewa. Karena menurutnya, baru saat ini di kecamatannya ia bisa melakukan pengibaran bendara di atas bukit yang menjadi objek wisata.

Shadiq berharap, pengibaran bendera yang telah terlaksana di bukit scorpio bukan hanya sekedar spirit HUT RI ke 72, namun dapat mengangkat destinasi objek wisata.

"Kita akan terus berkerjasama untuk menggenjot dan mengangkat objek wisata di kecamatan Wringin, tak terkecuali wisata Scorpion Hill ini," ungkapnya.

M. Asnawi Sabil, Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Bondowoso mengatakan senang melihat antusiasme warga dalam mengikuti upacara HUT RI ke 72 tahun 2017 ini. Menurutnya, upacara di Puncak Scorpio ini memberikan pembelajaran bagi seluruh masyarakat khususnya di Sumber Canting.

Hari ini, lanjut Sabil, dinas PMD siap mensupport desa desa yang punya spirit luar biasa. Kades harus berpikir out off the box untuk memajukan desanya.
Jika hanya mengandalkan bantuan saja, baik dana dari pusat hingga Pemkab, maka desa akan sulit maju dan mandiri

"Dari sini, masyarakat kita diharapkan belajar menjaga spirit kemerdekaan dengan menghidupkan kembali potensi desa. Jika potensi ini terjaga, dan berhasil dimanfaatkan, maka manfaatnya akan kembali kepada masyarakat", pungkas sekrtaris PMD dan juga ketua IKA PMII Bondowoso.

Di tempat yang sama, Andiono Putra, Kordinator Pendamping Desa mengatakan, segenap pendamping desa sangat antusias dengan pelaksanaan upacara bendera HUT RI ke-72 di Puncak Scorpio ini.

Menurutnya, kehadiran dalam upacara bendera kali ini bukan hanya sekadar ikut meramaikan dan memeriahkan. "Spirit HUT RI di Scorpion Hill ini adalah bagaimana kita para pendamping bersama masyarakat akar rumput turutserta mendinamiskan desa", jelas Andiono.

"Jika upacara bendera biasanya di alun-alun, di pusat kota, kali ini tidak. Upacaranya diadakan di ketinggian puncak Scorpion, yang menuju lokasinya saja tidak mudah. Butuh stamina ekstra untuk sampai di puncak," imbuhnya.

Andiono juga mengatakan, yang terpenting dari pelaksanaan upacara di bukit Scorpio ini dalam rangka mensinergikan segala sesuatunya demi mengangkat potensi desa wisata.

"Target jangka panjangnya, dinamika desa berupa destinasi wisata ini lebih semarak dan lebih hidup. Jika sudah dinamis, maka masyarakat sekitar akan mendapatkan manfaatnya," Pungkasnya.

Pewarta : Arul
Editir      : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment