Pengajian Kitab Kuning dan Dialog Interaktif

JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- Pengajian kitab kuning dan dialog interaktif bersama elemen masyarakat, mulai dari pejabat, tokoh agama, aktifis, civitas akademika dan masyarakat. Acara ini diprakarsai oleh pemerintah desa Mangli  Wetan dan KKN STAI at-Taqwa Bondowoso. 01 Agustus 2017.

Tujuan dari pengajian dan dialog interaktif ini adalah ingin memberikan pemahaman dan pengertian muamalah keagamaan secara komprehenship dan totalitas. Tujuannya, agar umat Islam mengerti apa yang dilakukan selama ini. Acapkali mereka melakukan ritual keagamaan hanya sebatas ikut-ikutan saja tanpa mengetahui substansi dan esensinya.

"Pengajian kitab "Khazinatu al-Asrari" sangat bagus dan relefan sekali, mengingat banyak berbagai media baik media cetak ataupun elektronik yang menayangkan kajian islam yang bersifat tekstualis yang selalu menyudutkan dan menghujat ajaran ormas islam yang lain. Mereka dengan lantang memberikan statmen keras bahwa ritual keagamaan yang lain BID'AH." Ungkap salah satu pejabat desa sambil melihat kitab tersebut.

Ust.Saeful Kurniawan, M.Pd.I., menjelaskan kitab "Khazinatu al-Asrari" adalah karya dari Sayyid Muhammad Haqqi al-Naziliy yang memuat tentang silsilah dan hikmah shalawat "Miftah al-Kanzu al-Muhith" atau  lebih populer dengan sebutan shalawat "al-Nariyah" karena sudah terbukti keampuhan dan kemanjurannya."

Penting kiranya, para tokoh agama memberikan pemahaman kepada mereka agar tidak terjadi ketidak tahuan terhadap ritual keagamaan yang mereka lakukan.

Dewasa ini, tidak sedikit ormas islam yang gencar menyerang acara-acara keagamaan ormas lain. Sehingga terjadi disharmoni diantara sesama islam yang lain.

Mungkin dengan pengajian dan dialog interaktif ini, sedikit bisa memberikan pengertian kepada mereka, minimal mereka mampu memberikan jawaban jika ada pertanyaan dari orang lain.

Pewarta : Arif JA
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment