Mensyiarkan Tibbunnabawi.

JATIMAKTUAL, Kemarin KKN STAI at-Taqwa bekerjasama dengan takmir masjid mengadakan acara pelatihan bekam dan ruqyah yang pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. 24 Agustus 2017.

Tibbunnabawi bukan hanya habbatussauda (jintan hitam), kurma, kay dan ruqyah saja akan tetapi bekam juga pengobatan ala Nabi yang sangat ampuh sekali untuk mengobati berbagai macam penyakit medis dan non medis. Kata pemateri dari klinik ukhuwwah sekaligus DPL KKN STAI at-Taqwa bapak Muhammad Saeful Kurniawan, S.Pd.I.

Menurut kordes KKN Ahmad Manshur." Para tokoh masyarakat dan aparat desa sangat antusias dengan adanya program ini, pasalnya selama ini didesa Mangli Wetan belum pernah ada program Bekam dan Ruqyah massal."

Ust.Abduh salah satu tokoh disana berkata: " saya sebenarnya ingin sekali berbekam, karena bekam ini adalah hukumnya sunnah."

Bahkan ada salah satu warga mendatangi pemateri berniat untuk membawa seluruh keluarganya untuk diruqyah dan sibekam. Mereka mempunyai keluhan seperti asam urat dan darah tinggi dll.

Acara tersebut berjalan baik dan khidmat karena ditempatkan di masjid  yang  megah sekali dan dilengkapi dengan proyektor. Sebelum acara praktek bekam dan ruqyah terlebih dahulu pemateri memberikan pemahaman dan pengertian secara komprehenship.

Selain itu juga, pemateri memberikan kesempatan kepada audien untuk mengajukan pertanyaan seputar topik pelatihan dalam sesi dialogis.

Oleh karena, perlu kiranya para civitas akademika mensosialisasikan pengobatan ala Rasulullah mengingat hal tersebut jauh dari bahan kimia yang akhir-akhir ini marak dikingkungan kita terutama meraka yang belum cukup memahami tentang ajaran Islam itu sendiri.

Bahkan Imam Ghazali dalam karya kitabnya mengatakan bahwa hijamah itu hukumnya fardu kifayah artinya jika dalam satu  daerah tidak ada yang bisa membekam maka seluruh masyarakat tersebut hukumnya berdosa.

Mungkin dengan  acara bekam dan ruqyah massal tersebut bisa memberikan wawasan kepada masyarakat.

Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment