Ditanya Soal Mekanisme Pencacahan. Berikut Penjelasan Ketua Panitia Pilkades Bujur Tengah.

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- Menjelang Pemilihan Kepala Desa di Bujur Tengah Batumarmar Pamekasan, pihak panitia berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan Pilkades 2018. saat ini panitia sudah melakukan tahapan pencacahan. 

Hermawan selaku Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Bujur Tengah mengatakan bahwa demi menjaga Kondusifitas Dalam tahapan pencacahan sebelum pemilihan, maka pihak panitia menerapkan konsep sebagai berikut;

1. Pengarahan Tatib Pencacahan kepada semua Panitia Pencacah, Saksi dan Kepala Dusun, yang dilakukan selama dua hari sebelum mencacah.

2. Panitia berkometmen memberikan rekomendasi kepada masing-masing calon untuk mendelegasikan satu panitia pencacah dari masing-masing calon setiap dusun. 

3. memberikan mandat kepada saksi, satu orang dari masing-masing calon setiap dusun. 

4. memfungsikan kepala dusun dari masing-masing dusun untuk mendampingi dan menjadi penunjuk arah kepada semua pencacah. 

5. Panitia mewajibkan untuk melaporkan hasil pencacahan setiap hari sebagai data laporan sementara kepada semua pihak terkait. 

6.panitia pencacah dan saksi serta kepala dusun wajib mengisi daftar hadir di kantor Kesekretariatan sebelum dan sesudah melakukan pencacahan.

7. panitia pencacah wajib membawa dan menunjukkan ID Card Panitia dalam setiap melakukan pencacahan. 

8. Setiap ada persoalan dilapangan, Panitia Pemilihan Pilkades menghentikan Pencacahan, dan menarik semua panitia pencacah ke kantor Sekretariat Pilkades dan menghadirkan semua calon untuk mencarikan solusi bersama.

9. Dalam Pencacahan data pemilih, panitia pilkades mewajibkan kepada semua panitia pencacah untuk mendokumentasikan foto warga yang dicacah, sebagai bukti laporan.

10. surat undangan pencoblosan, dicantumkan foto warga sesuai dengan data pemilih yang sudah dilakukan pada saat pencacahan. 

11. Panitia beserta saksi berkometmen untuk data tambahan dan susulan, paling lambat H-10 dari Pelaksanaan Pemilihan. sehingga bagi Warga yang merasa belum didatangi Panitia Pencacah untuk segera melaporkan ke pihak panitia atau kepala dusun setempat.

12. Semua Data hasil pencacahan diumumkan secara terbuka dan dilaporkan kepada semua pihak terkait demi menjaga kondusifitas pilkades. 

Dokumentasi sementara, data rekapitulasi pemilih desa bujur tengah. sambil lalu menunggu data pemilih susulan dan tambahan yang tidak terjangkau dalam pencacahan.


" kami berharap dengan konsep yang kami terapkan ini, Pilkades Bujur Tengah terlaksana dengan kondusif, aman dan jujur dan adil (Jurdil)" terang Hermawan kepada jatimaktual.com saat dimintai keterangan terkait tahapan-tahapan Pemilihan yang sudah dilakukan. 

Pewarta. Faisol.

Dokumentasi Foto dan data sementara selama pencacahan.




Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment