Desa Pejagan Rencanakan Bangun Ekonomi Desa Melalui BUMDesa

JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- Kepala Desa Pejagan Melalui forum diskusi jaringan BUMDesa se-kecamatan Jambesari, persiapakan bangun Pasar Desa dan DesaMart yang akan dikelola Badan Uasaha Milik Desa (BUMDesa) Bina Karya di Kantor Desa Pejagan Jambesari Darussolah, Rabu (9/8/2017).

Turut hadir dalam acara Forum diskusi ketua antar BUMDesa se-kejamatan jambesari, Kasi pemerintahan kecamatan Jambesari Darussolah, Nisun Kepala desa Pejagan, Andiono Putra, kordinator pendamping desa kabupate Bondowoso dan segenap jajaran kepengurusan BUMDes antar desa.

"Saya upayakan kedepan BUMDesa sudah berjalan dan melihat potesi desa ini kami akan bangun pasar desa dan desa mart untuk meciptakakan lampangan pekerjaan bagi masyarakat", kata Kades Pejagan saat menyampaikan gagasanya dalam furum diskusi bumdesa se-kecamatan Jambesari darussolah

Desa Pejagan, lanjut Nisun, sebagai desa yang dengan jumlah penduduk kurang lebih seribu empat ratus kepala keluwarga mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk dijadikan unit usaha yang dikelola BUMDesa. 

Menurutnya, pasar desa dan DesaMart ini nantinya akan memasarkan produk-produk lokal yang ada di desa, baik itu hasil pertanian maupun kerajinan tangan dari masyarkat.

Nisun berharap, gagasan pendirian BUMDesa serta unit usahanya mendapatkan dukungan dari lintas sektor di kabupaten Bondowoso. 

"Regulasi setingkat Peraturan Bupati mendukung dan mengakomodir gagasan kita ini. Kawan-kawan Pendamping Desa juga kita minta untuk selalu men-support, agar keinginan ini segera terlaksana," ungkap Nisun.

Sudarmanto, Kasi Pemerintahan Kecamatan jambesari mengamini harapan Kades Nisun. Menurutnya, pihaknya akan selalu mendukung penuh gagasan-gagasan luar biasa dalam upaya membangun dan memajukan desa. "Ayo, bareng-bareng bangun desa. Spirit BUMDesa ini harus di implementasikan", ucapnya.

Andiono Putra, Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Bondowoso mengatakan, sangat mengapresiasi gagasan kepala desa Pejagan bersama jaringan BUMDesa se-kecamatan jambesari.
Menurutnya, upaya pendirian pasar desa serta Desa Mart Pejagan, nantinya tidak akan hanya dapat mendorong kreativitas warga, tapi juga akan menjadi katalisator bagi desa lainnya untuk membesarkan BUMDesanya masing-masing.

Andiono juga menegaskan, Dana Desa (DD) yang jumlahnya tidak sedikit di setiap desa, haruslah dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan dan pemberdayaan. 

Pewarta : Arul
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment