Wisatawan Kesengsem Pesona Destinasi Alam Bukit Brukoh Bajang

JATIMAKTUAL, WISATA, - Manusia sangat membutuhkan alam, manusia butuh komunikasi dengan alam, manusia juga cinta alam sebagaimana cinta kepada sesama. Oleh karena hikmah indahnya alam, manusia memiliki kesempatan untuk beraksi, berekspresi, selfie, bersenang atau bergembira ria baik dengan keluarga maupun masyarakat umum di lokasi alam yang telah didesain menjadi rujukan wisatawan.

Kita selaku manusia seutuhnya, juga diutus untuk menjaga, merawat, mengelola, dan mempercantik kelestarian alam. Karena pada manfaat dan fungsinya adalah akan kembali pada diri kita sendiri. Pesona alam bernuansa indah menjadi daya tarik dan nilai alami yang dapat membuka pintu hati wisatawan kesengsem untuk singgah beraktivitas dan rekreasi di alam bebas.

Momentum terindah bagi masyarakat umum saat mengisi hari libur panjang khususnya wisatawan, tiada yang lebih mempesona selain jam besuk teruntuk destinasi yang menjanjikan terhadap dehidrasi gumpalan hati untuk menyegarkan demi bercermin pada orientasi tekstur alam dipahat berbasis arsitek dan panorama alami spektakuler. Di manapun posisi alam berpijar tentu ada objek sasaran tanpa memberikan nafas dan udara kekecewaan terhadap manusia. Tetapi disambutnya dengan udara segar dan alam bernuansa indah.

Bukit Brukoh merupakan salah satu objek alam yang terletak di Desa Bajang, Kec. Pakong, Kab. Pamekasan Madura. Bukit Brukoh juga tempat tower yang sudah lama berdiri untuk saluran penyiaran TVRI wilayah Pamekasan Madura. Namun, objek tersebut memiliki nilai plus yang harus disempurnakan oleh pemerintah kabupaten, desa dan masyarakat sekitar.

Melihat potensi alam yang didukung oleh nuansa pemandangan, mengundang perhatian terhadap sikap pemerintah dan masyarakat mewujudkan komitmennya dan muncul respon positif dari pemerintah kabupaten untuk dikembangkannya. Tahap demi tahap, mengembangkan objek alam dijamu sebagai Wisata Alam Bukit Brukoh.

Achmad Sjaifudin, kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Pamekasan tentu menyadari bahwa ada banyak hal pertimbangan agar bukit yang ditempati tower TVRI menjadi destinasi wisata desa. Kepekaan pemerintah terhadap alam sangat tepat sasaran dan secara sigap membentuk kelompok sadar wisata  dari masyarakat sekitar hingga pada masa targetnya dapat dicapai resmi dibuka walaupun seraya ada tahap pengembangan yang terus berlanjut.

Masyarakat umum dan wisatawan luar daerah dapat menikmati suasana sekitar dan kesejukan bukit sehingga sangat cocok untuk dikunjungi. Sensasi objek wisata alam sangat berkenan menjamu pengunjung dapat meresapi, mencoba mengkhayal, seakan termenung pada satu hal yang selalu menawan, dan melihat panorama bentangan lautan dan kota Pamekasan dari atas ketinggian bukit.

Penulis sangat bersikap apresiatif kepada pihak pemerintah kabupaten, kelompok sadar wisata yang dibentuknya dan masyarakat sekitar selaku pendukung penuh dalam pengembangan pengelolalaan dan prospektif pemerintah membangun objek wisata alam kini mampu menampung volume pengunjung sangat ramai.

Selain mempercantik alam menjadi destinasi yang direkomendasikan kepada khalayak publik dan wisatawan, justru pemerintah desa meraih keuntungan di tingkat desa berupa arus lonjakan perekonomian semakin tinggi. Membantu inflasi ekonomi daerah terserap cukup stabil.

Imbauan kepada wisatawan agar selalu sadar menjaga kecantikan objek wisata, tanpa merusak taman, objek pemandangan utama serta wahana lain di dalamnya. Mari kita manfaatkan objek wisata dengan baik, nikmati dengan hati tenang, senang tanpa menitipkan nilai yang mencederai manfaat alam apalagi mencemari reputasi desa dan kabupaten yang bertanggung jawab mengelola pesona kelestarian alam. Karena suatu hal yang mencoba mencederai bukan impian masa depan untuk membanggakan.

Habibur Rahman, seorang wisatawan remaja dalam daerah saat berada di Wisata Alam Bukit Brukoh, dengan wajah cerianya sempat melontarkan kalimat singkat bahwa “Tanpa rasa kecewa, ia sangat bangga mengunjunginya karena objek wisata mampu memberikan kepuasan bagi pengunjung. Namun, ia juga memberikan saran agar wahana di dalamnya dikembangkan lebih lengkap dan indah sesuai kebutuhan pengunjung”.

Sempurnakan hari libur penjang dan hari libur biasa anda bersama teman kolega atau kerabat keluarga dengan catatan berbagai aktivitas dan rekreasi di Wisata Alam Bukit Brukoh Bajang, Kec. Pakong, Kab. Pamekasan Madura. Memori rasa gembira dapat diisi saling hanting objek panorama yang elegan. Jadikan nostalgia pada masa emas anda melengkapi hari kekosongan agar terhindar dari kejenuhan. Akan tetapi membawa kepuasan yang dapat dikenang.

Oleh:
ABDUL RAFI_Pamekasan
Alumnus. PBSI, FKIP Universitas Islam Malang

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment