Pengajian Akbar dan Haul Ke-II Astah Sek-Kersek Digelar Oleh Masyarakat Palengaan Laok Bersama FIAMA .

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- Masyarakat Palengaan Laok dan Forum Ikatan Alumni Mapaba (FIAMA) Gelar Haul Ke-II Astah Sek-Kersek sekaligus Pengajian Akbar, yang merupakan kegiatan rutinitas tahunan FIAMA, Kamis (06/07/3017).

Informasi yang dihimpun jatimaktual.com, acara tersebut dimulai dari jam 07.30 - 11.30 WIB, yang dihadiri oleh KH. Muhlas Jazuli (Pengasuh Ponpes Jaraguan), KH. Khuzain Alkarrar (Pengasuh Ponpes Misdad Alqodiri) sebagai muballig dan dihadiri oleh para mustamiin sekitar 1000 orang yang menghadirinya.

Pengajian Akbar ini merupakan rutinitas tahunan FIAMA kedua, dibawah naungan Komisariat dan Rayon PMII di beberapa Kampus Madura yang bekerjasama dengan masyarakat Desa Palengaan Laok Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.

Seperti halnya yang pernah dilakukan, haul pertama yang juga dilaksanakan di Astah Sek-Kersek. Haul adalah salah satu ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah yang patut untuk dilestarikan dan dijaga oleh para warga Nahdliyyin (NU) yang merupakan organisasi berhaluan Ahlussunnah, dan PMII sebagai organisasi kemahasiswaan yang dilahirkan oleh NU sudah selayaknya ikut serta menjaga ajaran sesepuhnya khususnya dikalangan mahasiswa.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh kepala suku FIAMA, sahabat Rofiq Cerutu, "FIAMA adalah komonitas dibawah naungan Komisariat dan Rayon PMII dari beberapa Kampus dimadura yang menjadi tangan panjang dalam melestarikan, mengajarkan, mengamalkan, dan mempertahankan ajaran Ahlussunnah kepada para anggotanya," ungkapnya.

Kemudian dari pada itu, agenda tahunan ini sekaligus penempa, kader dalam bersimulasi dan bersetuhan langsung dengan masyarakat dalam mempersiapkan anggotanya dimasa depan ketika kembali kekampung halamannya dan FIAMA juga sebagai wadah pengaplikasian materi yang telah diajarkan oleh PMII.

FIAMA juga menempa anggotanya, "Loyal Dalam Bersolidaritas" untuk mewujudkan kekompakan dan rasa saling menghargai dan mencintai sesama muslim.

Lebih lanjut, "FIAMA adalah wadah pembelajaran dan pengaplikasian dengan memprioritaskan rasa persaudaraan," tandas kepala suku FIAMA sahabat Rofiq Certu.

Selama dua tahun dan dua kali mengadakan agenda tahunan FIAMA, masyarakat sangat antusias dan kompak dalam mensukseskan agenda rutinitas ini.

Sebagaimana penjelasan kepala Desa Palengaan Laok Bapak. Suet, S.I.P. sewaktu memberi sambutan dalam acara FIAMA, "saya sebagai kepala desa Palengaan Laok mengungkapkan rasa apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang sangat antusias dalam mensukseskan acara ini, khususnya Anggota FIAMA Komisariat PMII se-Madura," jelasnya.

Dia berharap kedepannya FIAMA dan Masyarakat Palengaan Laok semakin solid sehingga meneruskan agenda tahunan yang luar biasa dan mulia ini bahkan hingga hari kiamat.

"Saya mengharap, FIAMA dan Masyarakat Palengaan Laok, tetap kompak kedepannya dalam menjaga dan meneruskan agenda tahunan yang luar biasa dan mulia ini Ila Yaumil Qiyamah," tandas Kepala desa Palengaan Laok Bapak. Suet, S.I.P.

Kontributor : Abd Rohim
Editor : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment