Berikut Komentar Kades Blaban Menjelang Pilkades Bangsereh

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- Di ujung tahun 2017, Kabubaten Pamekasan akan melaksanakan pesta demokrasi pilkades serentak di 11 Desa. Seperti apa yang telah di jelaskan oleh Bapak Muttaqin, selaku Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pamekasan, bahwa dari sebelas Desa tersebut yakni; Desa Billaan, Pangbatok dan Desa Toket Kecamatan Proppo, kemudian Desa Jarin Kecamatan Pademawu, Desa Kacok, Palengaan Laok dan Desa Banyupelle Kecamatan Palengaan, “Kemudian Desa Bangserreh dan Desa Bujur Tengah Kecamatan Batumarmar". Jelasnya saat didatangi crew jatimaktual.com di Kantornya.

Masyarakat Desa Bangsereh memiliki kecenderungan yang variatif dalam menentukan sikap dan perilaku politik selama proses berlangsungnya pemilihan Kepala Desa. Mereka terlihat cukup antusias dalam menyambut datangnya hari pemungutan suara dengan berbagai cara. Di antaranya me­lalui diskusi­diskusi kecil yang dilakukan secara tidak sengaja pada waktu berkumpul dengan tetangga. Topik seputar isu kredibilitas, popularitas dan sikap hingga kualitas BALON di mata masyarakat rupanya menjadi sebagian dari tema yang dibicarakan. 

Tokoh politik Blaban yakni Bapak Sukrianto (Kepala Desa Blaban) juga menyambut antusias menjelang pemilihan PILKADES dan Memberi komentar mengenai Peta politik Desa Bangsereh yang saat ini menjadi perbincangan disetiap sudut perkumpulan. Ia Menilai selama ini Bangsereh khususnya timses dan Balon (Bakal calon) Bansereh adalah kaum borjuis (orang yang bermodal), seakan-akan orang borjuis mendapatkan posisi tertinggi dalam Rekutmen masa, sedangkan secara peta geografis Bangsereh merupakan penduduk Desa yang ada diwilayah pantura dengan populasi masyaralat 2.400, sehingga hal tersebut berdampak pada ketaataan masyarakat dalam beragama yang sangat kental, kondisi  ini harus menjadi bahan literatur oleh para timses dan Balon bahwa letak kekuatan dalam mempengaruhi masa bukanlah mereka yang punya modal, Namun kh. Desa (Tokoh Masyarakat, Umumnya). 

Dilain sisi lain Bangsereh juga Belum memiliki Blatir yang punya pengaruh besar disemua dusun, yang dapat dipercayai sebagai stakholder dalam memanangkan salah satu Balon (Bakal calon) di dua kubu; antara Suharyanto dan Sudaryanto. Sehingga dua belah pihak mempunyai kesempatan untuk mendekati kh. Desa untuk menjadi timses. Terang beliau saat ditemui jatimaktual.com di kediamannya.

Pewarta : Kholili
Editor : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment