Wanita Akan Nampak Indah Tutup Aurat

Oleh : Illaili Lanadiroh
Prodi PBA B STAIN Pamekasan

JATIMAKTUAL, ARTIKEL,- Berbicara tentang aurat bagi para wanita, tentunya bukanlah perkara yang sangat mudah. Faktanya, sebagian dari mereka beranggapan bahwa menutup aurat membuat mereka tidak merasakan kenyamanan bahkan ada yang mengatakan menutup aurat membuat mati gaya. Lantas apakah dengan mengumbar- ngumbar aurat merasa lebih nyaman dan terhindar dari dosa? Sesungguhnya balasan dosa itu tidaklah membuat kita menjadi nyaman, Allah swt berfirman dalam kitabNYA yang agung: 
(( (((((((((( (((((( ((((((( (((( (((((((( ((((   (((( (((((((( (((((((((( ((((   
“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan panas”. (Qs. An-naba’ (78): 24-25).

Ayat tersebut mengingatkan kita betapa bahayanya jika para wanita mengumbar auratnya kesana kemari kepada selain mahrom. Bahkan meraka akan rugi tidak hanya di dunia melainkan kelak di akhirat akan mendapat siksa yang amat pedih. Maka kita sebagai kaum hawa harus menjaga betul aurat kita karena  aurat wanita jauh lebih berbahaya dibandingkan aurat pria, semua tubuh wanita itu termasuk aurat namun ada sebagian pendapat mengatakan kecuali wajah dan telapak tangan. Dan aurat inilah yang mengantarkan fitnah di dunia.

Menutup aurat membuat para wanita terlihat indah, cantik dan anggun bahkan lebih terasa dihormati oleh orang disekitarnya. Diantaranya lagi menutup aurat dapat membuat wanita menjadi wanita yang disegani, lebih berharga di mata Allah swt dan manusia pada umumnya dan terhindar dari fitnah dunia.

Inda, dan cantik disini perlu kiranya di bahas kembali, bukan berarti dalam menutup aurat wanita harus memiliki wajah yang cantik, hidung mancung, berkulit putih, badan yang seksi dan menawan. Disini tidak memandang wanita kalangan manapun, karena pada hakikatnya menutup aurat merupakan kewajiban yang harus wanita patuhi selama hidupnya dan tentunya harus betul betul pandai dalam menjaga auratnya  serta yang paling utama harus  disertai dengan niat yang ikhlas dan tulus, akhlak dan perilaku yang mulia. Pepatah megatakan bahwa “kecantikan wanita tidak akan berarti tanpa akhlak dan perilaku yang mulia”. sehingga dengan semua itu wanita akan terlihat indah dan istimewa.

Dalam menutup aurat wanita tidak boleh memakai pakaian yang ketat dan lekuk tubuhnya kelihatan karena itu sama halnya dengan telanjang. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda: 
“Dan wanita-wanita yang bepakaian tetapi hakikatnya mereka telanjang, melenggak lenggokkan kepala mereka karena sombong dan berpaling dari ketaatan kepada allah swt. Dan suaminya. Kepala mereka seakan akan seperti punuk unta. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan wanginya surga, padahal wanginya bisa didapati dari jarak perjalanan sekian dan sekian”. (Hr. Muslim dan Ahmad).

Dari hadits di atas menjelaskan bahwa dalam menutup aurat itu tidak boleh memakai pakaian yang ketat sehingga bentuk tubuh yang mungil  kelihatan dan itu sama seperti orang telanjang. Wanita tidak harus membalut tubuhnya dengan pakaian yang mewah, warna yang mencolok dan mengikuti style terkini, yang terpenting tidak membuat lekuk tubuhnya terbentuk dan kelihatan seperti telanjang. Cukup dengan pakaian yang sederhana asalkan bisa melindungi tubuhnya dari fitnah dunia itu akan membuat wanita nampak indah dan menawan.

Dari paparan diatas, sudah jelas betapa indahnya wanita yang membalut tubuhnya dengan pakaian yang rapi dan sempurna, menjadikan mereka terkesan sangat anggun, terhindar dari fitnah dunia. Semoga hijab selalu menjadi pakaianmu serta akhlak yang mulia menjadi perhiasanmu sehingga pada nantinya pantas diberi gelar Muslimah.

Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment