Sarung Cap Mangga dan Laskar Santri


JATIMAKTUAL, ARTIKEL,- Liga 1 yang dikenal Go Jek Traveloka merupakan musim ke-60 dari kasta sepak bola Indonesia tertinggi di bawah PSSI, (Wikipedia). Musim Go Jek Traveloka 2017 menggantikan nama Indonesia Super Liga, namun bukan berarti membekukan sejarah lama. Akan tetapi berperan regenerasi yang menangguhkan serta bertujuan menumbuhkembangkan bibit sepak bola profesional.

Secara bertahap, bergiringnya laga sepak bola pada liga 1 dapat mendorong perkembangan kualitas pemain baik lokal, nasional maupun internasional.

Penetrasi seluruh gerakan satuan tim mampu menunjukkan bakat, kelincahan dan jati diri sepak bola. Komitmen menjadi konsumsi utama dari petinggi sepak bola terus berbenah mengikuti gejala laga yang selalu muncul secuil dampak negatif pada arus roda kompetisi Liga 1. Segala upaya dari tokoh klub dan pemain demi kesempurnaan dunia sepak bola Indonesia yang profesional mengutus keniscayaan kita untuk support dengan kecerdasan  wacana, ide, kritik, saran/solusi dan cara kita bersikap agar Liga Indonesia Baru semakin lebih instan.

Supporter adalah jiwa tim sepak bola, dijadikan komando utama untuk membangkitkan semangat membara dalam menghadapi lawan di lapangan yang penuh siulan sensasional.  Namun supporter juga mampu mengontrol dirinya dengan keakraban emosional segenap crew tim dan penghibur pada selebrasi perang sepak bola.

Kehadiran supporter tim sepak bola dari berbagai belahan kepulauan Indonesia tentu memiliki pertunjukan model aksi yang berbeda sesuai sentuhan tradisi yang dikemas dan pantas menjadi icon kebanggaan tim. Sikap kompromi/kekompakan supporter merupakan alat motivasi bagi tim, pantang putus asa beradu talent pada ajang kompetisi paling bergensi di dunia olah raga.

Respon dukungan dari kelompok supporter terhadap dunia sepak bola Indonesia semakin fanatik dan fantastik. Gelombang suara supporter selalu menggema memberikan semangat tinggi kepada tim agar tetap pada porsi orientasi olah raga sepak bola. Dukungan dapat didengar dari sisi tribun stadion, di jalanan ataupun dalam jejaring media. Masih banyak energi supporter yang dapat diekspos serta tampil meramaikan melalui ekspresi yel-yel pada setiap laga tanpa mengecewakan kehendak tim.

Dari sekian supporter yang cukup fanatik terhadap sepak bola, ada suku supporter dari satu tim besar berhasil memanifestasikan keragaman dan keunikan yang belum terwujud pada supporter tim lain yaitu supporter Madura United FC. Supporter variatif dan tampil beda di antaranya; supporter sarungan berpeci dan supporter loreng.

Supporter sarungan berpeci adalah nilai moral dan budaya Madura berbasis santri sehingga remaja alumni santri dapat mendeklarasikan diri sebagai supporter islami yang dipersembahkan kepada tim Laskar Sape Kerrab dengan nama Laskar Santri. Action supporter sarungan berpeci menggema usai tim Laskar Sape Kerrab mendatangkan Redouane Zerzouri dan resmi bergabung dengan Madura.

Madura adalah basis santri yang dapat dilirik oleh perusahaan manapun. Apalagi, produsen dari perusahaan yang mudah dijangkau oleh kaum santri. Khusunya produsen Sarung Cap Mangga yang bersedia menjadi sponsor baru Madura berkat seorang Redouane Zerzouri sebagai pemain asing muslim kelahiran Maroko.

Meminjam ungkapan dari Presiden Klub, Achsanul Qosasi yang dipubikasikan dalam akun resmi Madura United FC bahwa “Kehadiran Redouane Zerzouri sebagai pemain asing muslim yang taat, menarik minat Sarung Mangga untuk bergabung menjadi sponsor Madura United. Apalagi suporter kami adalah suporter sarungan”.

Mereka membuat satu perusahaan besar Sarung Cap Mangga terkesima sehingga berkenan menjadi sponsor Madura United FC. Hal ini merupakan sesuatu yang baru bagi tim sepak bola. Oleh karenanya, Madura bukan hanya merasa diuntungkan. Tetapi selalu ada pada posisi saling mendukung dengan pihak perusahaan dan tak kalah pentingnya saling menghormati, menjaga reputasi kedua belah pihak agar kerja sama tetap berjalan sesuai kesepakatan.

Aksi Laskar Santri supporter sarungan berpeci tentu bagian cara bersikap bahwa merekalah salah satu jelmaan dan fakta saluran dukungan untuk Sarung Cap Mangga. Ada rasa imbal balik yang dapat diterima oleh produsen. Minat Sarung Cap Mangga sebagai sponsorship tim Laskar Sape Kerrab sangatlah tepat. Justru produsen dapat mendengar nada indah shalawat yang membahana dari Laskar Santri niscaya mendapatkan ketenangan dan mencegah hal yang tidak diinginkan.

Skuad Laskar Sape Kerrab sangat percaya kepada seluruh komunitas supporter khususnya Laskar Santri. Solidaritas, integritas dan upaya yang di semburkan komunitas menyentuh Madura selalu menyambutnya dengan hormat, tenang, rukun, damai dan terpuji.

“Bagaimanapun aksinya. Merekalah yang turut membantu kejayaan Madura United. Para pemain, manajemen termasuk Presiden Klub, Achsanul Qosasi (AQ) pun menyampaikan hormat dan tak pernah melupakan mereka. Supporter Madura United, supporter bersarung berpeci, dan supporter loreng, memang istimewa…”, (Fb. Madura United FC).
Salam Settong Dhere…

Oleh: Abdul Rafi_Pamekasan
Alumnus. PBSI, FKIP Universitas Islam Malang.
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment