Pentingnya Belajar Bahasa Arab -->
Cari Berita

Pentingnya Belajar Bahasa Arab

Friday, June 2, 2017

Oleh: Zainab 
Mahasiswi STAIN Pamekasan 

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN, - Pentingnya belajar Bahasa Arab bagi siapapun, tidak hanya bagi orang Arab saja, melainkan bagi umat islam di seluruh Dunia ini. Belajar Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat istimewa, sehingga Allah SWT berbicara menggunakan Bahasa Arab dengan manusia melalui Al-Qur’an, padahal Al-Qur’an itu tidak di tujukan pada orang Arab saja, melainkan untuk semua umat manusia yang ada di muka bumi ini. Bukannya Allah SWT tidak mengetahui bahwa manusia di muka bumi terdiri dari berbagai macam bahasa, hanya saja Allah SWT ingin menyatukan umat manuisa dengan menggunakan bahasa Arab yang sangat istimewa. 

Sebelum Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SWT, Allah SWT menurunkan wahyu kepada para Nabi dengan menggunakan bahasa mereka masing-masing. Sebagai mana firman Allah SWT ”kami tidak mengutus seorang Rasulpun melainkan dengan bahasa kaumnya supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah mnyesatkan siapa yang ia kehendaki, dan ia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan dialah Tuhan yang maha Esa dan juga bijaksana.” (Qs Ibrahim:4)
Tidak diragukan lagi pentingnya belajar bahasa Arab bagi umat muslim. Karena bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, Hadits, dan Syurga, sebagaimana merupakan pilar pokok dalam islam. 

Menurut pengarang Kitab Syathibi, Bahasa Arab menjadi bahasa yang muthlak bagi siapa saja yang ingin berijtihad. Tanpa menguasai bahasa Arab ia tidak boleh berijtihad, karena kenapa ? karena dengan bisa berbahasa Arab adalah syarat untuk berijtihad, di dalam berijtihad diperlukan adanya dalil-dalil dari ayat Al-Qur’an maupun dari hadits Nabi Muhammad SWT. 

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat istimewa, keistimewaanya merupakan keIlmuan islam klasik seperti warisan kitab dari nenek moyang kita, semuanya berbahasa Arab tanpa terkecuali,  beda dengan kitab Injil, Zabur dan taurat yang bahasanya punah ditelan oleh zaman modernisasi. Bahasa Arab merupakan bahasa tertua di Dunia. Dan menduduki peringkat ke 5 dari berbagai 10 bahasa. Dari bahasa yang sering digunakan oleh umat manusia dengan Negara penutur antara lain, Arab Saudi, Mesir, Irak, Labanon dan yaman. 

Keistimewaan Bahasa Arab lainnya, Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, kitab suci umat muslim, Allah SWT memilih Bahasa Arab sebagai satu-satunya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesannya kepada manusia melalui Rasulullah SAW. 

Sungguh istimewanya Al-Qur’an yang ditulis dengan bahasa yang sangat halus dan penuh dengan makna, dan mudah dilafadzkan, dan tidak akan ada satu orangpun yang mampu menulis satu ayat yang mirip dengan Al-Qur’an. Maka Al-Qur’an ini akan dijamin keutuhannya hingga akhir zaman, karena Allah SWT telah berfirman di dalam Al-Qur’an yang artinya sebagai berikut. “ sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al-Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya”. Jikalau manusia melafadzkan Al-Qur’an dengan berbagai bahasa, maka tidak dapat di bayangkan perpecahan yang terjadi antar umat muslim. Islam Agama penyatu antar umat muslim yang disatukan dalam kesatuan kebenaran.