Pancasila Sebagai Mempersatu Bangsa. -->
Cari Berita

Pancasila Sebagai Mempersatu Bangsa.

Thursday, June 1, 2017

Oleh: Kholili, Ketua UKM pengembangan Intelektual Mahasiswa UIN Sunan Ampel surabaya.

Pancasila merupakan satuan konsep yang punya nilai kesatuan dan persatuan dalam berbangsa, indonesia sebagai Negara yang beragamam dan mejemuk maka pancasila datang sebagai sarana membentuk Negara yang harmonis dengan tujuan Nilai spirit dalam berbangsa yang rukun, damai, kuat, dan dinamis. pancasila pegangan yang mengatur pola pikir warga negara agar bisa mencapai tujuan bangsa. Tujuan Bangsa yang tertera dalam Pembukaan UUD 1945, yang diantaranya melindungi segenap warga negara indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan abadi dan keadilan sosial. 

Pancasila tidak hanya mengatur pola pikir warga dalam tatanan sosial tapi pancasila juga mengatur hubungan manusia dengan tuhannya yang secara spesifik disebutkan dalam sila pertama. "ketuhanan yang maha esa" yang secara falsafah bagaimana waraga Negara indonesia bisa menciptakan kerukunan dalam beragama atau dengan istilah menghargai perbedaan dalam beragama.

Pancasila dasar negara yang mengatur penyelenggaraan negara disegala bidang, baik bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, maupun pertahanan-keamanan. Berdasar pada latar belakang historis yang sulit dibantah , bahwa 1 Juni 1945 yang disebut sebagai lahirnya pancasila, Ir. Soekarno sebagai tokoh nasional yang menggali Pancasila tidak pernah berbicara ataupun menulis tentang pancasila, baik dalam sebagai pandangan hidup, atau apalagi sebagai dasar negara. Dalam pidatonya, beliau menyebutkan atau menjelaskan bahwa gagasan tentang pancasila tersebut terbersit bagaikan ilham setelah mengadakan renungan pada malam sebelumnya. Renungan itu beliau lakukan untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan ketua BPUPKI Dr. Radjiman Widyodiningrat mengenai apa yang akan dijadikan dasar negara Indonesia yang akan dibentuk?

Lima dasar atau sila yang buliau ajukan itu dinamakan filosofische grondslag yaitu nilai-nilai esensial yang terkandung dalam pancasila, yaitu: ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan serta keadilan, dalam kenyataannya secara objektif telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala sebelum mendirikan negara. Proses terbentuknya negara dan bangsa Indonesia melalui suatu proses sejarah yang cukup panjang sehingga pada hari lahirnya Pancasila tanggal 1 juni ini, mari jangan hanya dijadikan memontum seremonial tapi bagaimana kita bisa menghidupkan Nilai_Nilai pancasila dalam kehidupan sosial yang baik demi menciptakan peradaban bangsa yang bermartabat dan harmonis.

Dalam dewasa ini indonesia dihadapkan dengan banyak problem sosial yang berangkat dari latar belakang politik dengan orientasi kepentingan individual dan kelompok yang tidak lagi menjaga keharmonisan dan kesatuan dalam bernegara dan berbangsa, dunia maya menjadi dunia hujatan, caci maki dan permusuhan begitupun dengan dunia nyata, tindakan_tindakan seperti itu merongrong Nilai bernegara dan berbangsa.

Fungsi pancasila sebagai sarana mempersatu bangsa indonesia, maka mari kejadian yang berapa bulan terakhir ini jadikan sebagai bahan evaluasi dalam bernegara dan berbangsa. intoleransi terhadap yang beda keyakinan jangan sampai kita amalkan dalam Negara yang majemuk ini, Nilai keesaan yang tertata pada sila pertama mari kita aplikasikan dan jungjung bersama.

SELAMAT HARI PANCASILA 
SAYA INDONESIA YANG CINTA PANCASILA.