Gerakan Perubahan: Tokoh Muda Pegantenan Desak Pemerintah Daerah "Jadikan Pegantenan Sebagai Agribisnis Wisata Buah". -->
Cari Berita

Gerakan Perubahan: Tokoh Muda Pegantenan Desak Pemerintah Daerah "Jadikan Pegantenan Sebagai Agribisnis Wisata Buah".

Thursday, June 1, 2017

Sumber Foto Ilustrasi. www.pinterest.com
JATIMAKTUAL, PAMEKASAN, - pada saat acara Safari Ramadhan yang bertempat di Pendopo Kecamatan Pegantenan sempat ada pertanyaan, saran dan keluh kesah masyarakat Pegantenan yang diwakili oleh Kades Bulangan Barat, Surahman (H. Faisol) terkait potensi daerah yang selama ini terkesan di abaikan oleh pemerintah.  

"saya berharap bagaimana pegantenan jadi Daerah Centra Buah,  dan Agribisnis wisata Buah" tutur H. Faisol. 

Karena menurut H. Faisol Kecamatan Pegantenan itu merupakan Wilayah yang sangat istimewa dari sektor Sumber Daya Alamnya (SDA). Baik dari sumber mata air,  dan hasil cocok tanam dari hasil bumi yang sangat subur,  dan yang paling potensi, Adalah hasil buah-buahan yang sampai terkenal keberbagai daerah yaitu Hasil Buah Durian. 

Hasil Buah Durian Pegantenan mulai dulu menjadi menjadi incaran para penikmat durian. Bahkan sampai terkenal kedaerah luar madura bukan hanya Pamekasan. Namun menjadi sia-sia ketika pemerintah kurang merespon terhadap potensi yang sangat istimewa tersebut.  Belum lagi hasil buah-buahan lainnya. 

"buah-buahan apa yang tidak ada di pegantenan. Karena memang buah-buahan menjadi sumber utama yang menunjang ekonomi masyarakat Pegantenan. Tapi sayangnya pemerintah membiarkan hasil bumi sendiri yang sangat bagus itu tak layak di pasar modern. Lebih menginginkan buah-buahan dari luar yang kualitasnya juga tidak jauh beda,  bahkan ada yang lebih jelek." lanjutnya. 

Sehingga Gerakan Perubahan demi menyokong daerah Kabupaten Pamekasan mulai dilakukan oleh masyarakat pegantenan yang dimotori oleh sejumlah elemen pemuda dan Kepala Desa. Dengan harapan Pemerintah juga sepemahaman dengan niat tulus masyarakat.  


"langakah awal bagaimana kecamatan Pegantenan dijadikan Wahana Agribisnis wisata Buah, dengan demikian Para wakil rakyat yang sudah duduk di bangku DPRD Bisa membuatkan Perda, dan Bupati Juga bisa membuatkan peratuan melalui Perbubnya. Apalagi Kepala Dinas PU Binamarga sudah mensupport dalam Peningkatan Infrastruktur." 

"kami sangat mendukung atas ide kreatif Masyarakat Pegantenan. Dan kami akan bantu terkait percepatan perbaikan infrastruktur, sehingga dengan infrastruktur yang bagus akan menunjang terhadap akses perekonomen masyarakat." kata Ir. Totok Hartono selaku Kepala Dinas PU Binamarga Kabupaten Pamekasan. 

Wakil Bupati Pamekasan,  Drs Kholil Asyari juga merespon baik atas ide cemerlang masyarakat. 


Sekedar diketahui bahwa Durian Pegantenan terkenal dengan istilah Durian kasur. "sesuai dengan target Bupati Pamekasan yang menargetkan pertumbuhan ekonomi 7 %, insyaallah kalau tahun 2017 Panen Durian sukses. maka gerkan pemuda demi perubahan akan mengadakan pesta panen sekaligus Kontes Durian dan seluruh Forkopimda akan di undang untuk makan durian secara gratis. karena ini memang cita-cita masyarakat mulai dulu dan sudah dapat dukungan dari semua kepala Desa juga Camat." tutup H. Faisol saat diwawancarai pasca acara Safari Ramadhan. 


Hingga berita ini diturunkan para tokoh Pemuda dan Tim Pelopor Perubahan dikecamatan Pegantenan terus berharap bagaimana respon baik pemerintah Pamekasan segera ada wujud nyata kepada masyarakat. 

Pewarta.  Muhri Andika.