Dampak Perubahan Pola Pikir Masyarakat Akibat Arus Globalisasi

Oleh : Russiyah
(Mahasiswa PBA STAIN Pamekasan)

JATIMAKTUAL, ARTIKEL,- Desa merupakan sebuah kesatuan masyarakat yang ada sejak zaman dahulu, terbelakang, tradisional atau bahkan terisolasi. Menurut Soetarjo (sosiolog), kata desa berasal dari bahasa India, yaitu swadesi yang artinya tempat asal, tempat tinggal, negeri asal, atau tanah leluhur. Kata desa merujuk pada satu kesatuan hidup dengan satu kesatuan norma, serta memiliki batas yang jelas.

Banyak orang beranggapan bahwa masyarakat desa memiliki perkembangan lambat, jadul, gaptek, adat istiadatnya khas dan sangat mengikat, hubungan sesama masyarakat sangat erat dan rasa solidaritas yang tinggi karena umumnya merupakan satu keturunan dengan basis utama ekonomi adalah pertanian.

Namun dalam perkembangannya, masyarakat desa saat ini telah mengalami perubahan yang cukup besar akibat berkembangnya ilmu pengetahuan melalui lembaga pendidikan dan teknologi sebagai suatu buah dari globalisasi. Masyarakat desa sudah sadar bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi itu sangat penting dalam kehidupan sehingga mereka menyekolahkan anak-anaknya bahkan sampai ke perguruan tinggi untuk mengubah persepsi orang yang menganggap bahwa masyarakat desa jadul, gaptek dan selalu terbelakang.

Dampak yang bisa kita rasakan di era globalisa, dalam bidang pertanian masyarakat desa sudah mengenal berbagai macam teknologi seperti adanya traktor untuk membajak sawahnya, mereka tidak lagi menggunakan hewan atau cangkul yang menghabiskan banyak tenaga dan waktu, belum lagi berbicara materi.

Dengan demikian, masyarakat desa sudah tidak mau ketinggalan zaman, mereka sudah bisa lebih mudah melakukan sesuatu dengan teknologi dan berinteraksi dengan siapapun yang diinginkannya melalui media sosial (Medsos) yang tersedia fitur berupa BBM-an, Facebook-an, Twiter-an dan sosial media lainnya sehingga masyarakat desa dapat membuka lebih luas lingkungan pergaulannya.

Dengan adanya kecanggihan-kecanggihan teknologi saat ini sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mau belajar hanya karena termasuk masyarakat desa, orang miskin, orang yang idiot semuanya bisa sukses dan bisa merasakan manisnya ilmu asalkan ada kemauan dalam diri seseorang untuk menjadi lebih baik.

Ketika teknologi semakin maju, khususnya yang menyangkut transportasi, komunikasi, dan informasi terjadilah perubahan-perubahan besar yang mendasar. Sepertihalnya perubahan pola pikir masyarakat. Pengaruh kebudayaan modern akan menyebabkan sifat berbagai kebutuhan hidup masyarakat desa berubah dan bertambah luas. Masyarakat desa yang semula tidak mengenal berbagai perlengkapan modern seperti handphone, televisi, radio, komputer dan jaringan internet dengan semakin intensifnya pengaruh kebudayaan modern, pada akhirnya mengenal bahkan memiliki rasa ketergantungan pada alat-alat tersebut.

Adanya teknologi tidak hanya berdampak positif bagi masyarakat akan tetapi adakalanya berdampak negatif diantaranya rasa kebersamaan yang semula menjadi ciri khas budaya masyarakat desa yang terlihat dalam budaya gotong royong, tolong menolong, lambat laun berubah berganti menjadi rasa individualistis dan egoistis. Masyarakat bersifat materialistis dan konsumtif dengan adanya produk-produk terbaru baik dibidang teknologi, kosmetik, makanan, pakaian dan lain-lain yang dipromosikan di media massa, turut membentuk gaya hidup konsumtif. Dengan demikian, media massa berpengaruh besar terhadap sikap konsumtif masyarakat tidak hanya di daerah perkotaan, tetapi di pedesaan pula.

Dampak ini timbul karena masyarakat kurang mampu secara cepat dan tepat menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan zaman. Oleh karena itu, masyarakat hendaknya mampu mengantisipasi berbagai dampak yang ditimbulkan oleh teknologi tersebut.

Kiranya, peran pemerintah pun menjadi kebutuhan yang fital. Entah dengan melakukan sekolah teknologi bagi masyarakat desa mapun kegiatan lainnya untuk mengantisipasi arus negatif dari globalisasi itu sendiri. Akankah hal ini terjadi?

Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment