CAHAYA KEBAIKAN DI BULAN SUCI RAMADHAN

JATIMAKTUAL,  ARTIKEL, - Telah tiba di depan mata, di mana bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh semua umat muslim di seluruh dunia yaitu bulan suci, bulan keberkahan, bulan terbaik di antara semua bulan BULAN SUCI RAMADHAN. Semua umat muslim sangat gembira dalam menyambut datangnya bulan yang penuh berkah ini. Sebagaimana dalam hadits disebutkan:

من فرح بدخول رمضان حرم الله جسده على النيران

Artinya: “barang siapa gembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka”.

Dalam bulan Ramadhan, semua umat muslim menunaikan rukun Islam yang ketiga yaitu berpuasa. Ketika berpuasa, umat muslim bukan hanya menahan lapar dan dahaga akan tetapi juga menahan hawa nafsu mereka. Yakni hawa nafsu menjaga semua kemaksiatan yang dapat mengakibatkan batalnya puasa. Karena jika kita tidak dapat menjaga hawa nafsu kita, maka puasa kita akan sia-sia dan kita hanya akan mendapatkan lapar dan haus saja.

Dalam bulan Ramadhan inilah terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan yang biasa disebut dengan malam Lailatul Qadr. Malam Lailatul Qadr adalah malam ketetapan atau juga dapat dikatakan dengan malam yang sangat penting dan terbaik, yang hanya terjadi pada bulan Ramadhan, yang mana Allah berfirman dalam kitab-Nya (Al-Qadr: 3):

ليلة القدر خير من ألف شهر

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa Lailatul Qadr merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan dan juga merupakan malam diturunkannya Al-Quran. Pada malam Lailatur Qadr inilah para malaikat turun ke bumi untuk melaksanakan tugasnya. Akan tetapi tidak semua umat muslim yang bisa mendapatkannya, karena hanya orang-orang tertentulah yang bisa mendapatkannya. Jika seorang muslim dapat memperoleh malam Lailatul Qadr ini, maka seseorang tersebut sangat beruntung karena telah bisa menikmati malam yang sangat istimewa yang telah diberikan oleh Allah.

Penulis. Siti Rofiqoh Hidayati 

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment