Menjelang Ramadan, delapan santri PP. Banyuanyar mengikuti I'lan Al-Qur'an.

JATIMAKTUAL-PAMEKASAN,- Menyambut bulan suci Ramadan, sebanyak delapan hafidz Al-Qur'an, santri Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Potoan Daya, kec. Palengaan, kab. Pamekasan, Kembali mengikuti I'lan Hafalan Al-Qur'an. Kamis (18/5/2017) jam 19 : 00 WIB.

Hafidz yang mengikuti i'lan tersebut merupakan anggota Markaz Dirasah Qur’aniyah (MDQ), PP. Darul Ulum Banyuanyar, yang sudah dinyatakan lulus dan berkesempatan untuk mengikuti I'lan Al-Qur'an. 

Tidak mudah untuk bisa mengikuti i'lan tersebut. Karena meski sudah hafal, mereka harus melalaui tahapan seleksi yang sangat ketat, dalam penyeleksian tersebut Direktur MDQ, Ust. Mahmud Ayatullah, hanya mengambil beberapa orang dari puluhan Santri yang hafal Al-Qur'an. Selebihnya mereka yang tidak lulus seleksi akan mengikuti i’lan tahap selanjutnya.

Mengenai lama menghafal Al-Qur’an hingga sempurna, masing-masing peserta berbeda-beda, sebagian paling lama ada yang 5 tahun, tapi ada juga yang hanya membutuhkan waktu satu tahun.

Acara I’lan Al-Qur’an ke-16 kalinya dan rutin digelar setiap tahun itu bertempat di Aula Madrasah Masjid Banyuanyar dan diikuti oleh semua santri. Hadir dalam acara tersebut beberapa tamu undangan dari masyaikh, tokoh masyarakat, wali, serta beberapa anggota keluarga peserta i’lan.

Sebagai penguji pada acara tersebut, Pengasuh PP. Banyuanyar, KH. Muhammad Syamsul Arifin, KH. Hasbullah Muhammad Syamsul Arifin, KH. Abdul Ghafur Syafi’uddin, serta beberapa masyaikh lainnya.

Adapun nama-nama peserta I’lan Al-Qur’an XVI MDQ Darul Ulum Banyuanyar adalah sebagai berikut : 
Afifu Anshari (20 thn), alamat Lembung Barat Lenteng Sumenep. 
Abd. Majid (18 thn), alamat Plakpak Pegantenan Pamekasan.
Moh. Saiful Anwar (19 thn) alamat Tanjung Pegantenan Pamekasan.
Bahruddin (21 thn), alamat Ponjanan Timur Batumarmar Pamekasan.
Ahmad Mubassyir (18 thn), alamat Akkor Palengaan  Pamekasan.
Mujibuddin (21 thn), alamat Bulmatet Karang Penang Sampang
Mohammad Hasan (18 thn), alamat Pandan Galis Pamekasan.
Moh. Malik (15 thn) alamat Tlonto Ares Waru Pamekasan.

Acara I’lan tersebut berlangsung meriah, dan live streaming di Radio Istiqomah FM Banyuanyar dan banyuanyar.com. (Vicky)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment