KH. Kholilurrahman Meriahkan Petik Laut Dengan Istighotsah dan Pengajian Akbar.

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- Warga nelayan Dusun Untobugo pesisir pantai Talang Siring Desa Montok Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan adakan petik laut yang dimeriahkan dengan adanya Istighotsah. Yangmana adanya petik laut ini memang sebuah tradisi dari adat istiadat dari warga pesisir pantai dari sejak dulu hingga saat ini, seperti halnya yang telah dilaksanakan di pantai Talang Siring.

Dalam pelaksanaan petik laut ini, dihadiri oleh mantan Bupati Pamekasan sekaligus bakal calon Bupati Pamekasan periode 2018 ini yaitu KH. Kholilurrahman, Kapolsek Larangan AKP Adi Zizwanto, Anggota DPRD Pamekasan Karmadi dan sejumlah tokoh masyarakat yang ikut menghadirinya.

H. Muhiddin selaku Ketua Panitia Istighotsah, "Saya berharap kegiatan ini mendapatkan berkah dari Allah SWT, sehingga nantinya dapat meningkatkan penghasilan para nelayan".

Sedangakan menurut KH. Kholilurrahman dalam menaggapi adanya kegiatan petik laut ini, "Kami mengharap dengan terselenggaranya petik laut ini bukan hanya sebagai kegiatan ritual dan budaya, akan tetapi bagaimana nantinya, petik laut ini menjadi media wisata yang yang menarik bagi wisatanwan dari berbagai manca Negara," ujarnya.

Lebih lanjut KH. Kholilurrahman menjelaskan, "Nantinya bisa dikembangkan seperti ajang olahraga, misalkan juga dijadikan lomba perahu hias. Hal ini bisa dilakukan atas kesadaran serta keinginan kita semua, dan juga niat dari masyarakat kita sendiri".

Selain membahas penjang lebar tentang bagaimana kemajuan dan perkembangan petik laut yang berada di Talang Siring ini, KH. Kholilurrahman juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan lebih memperhatikan lagi masyarakat Nelayan.

"Kami harapkan kepada Pemerintah bagaimana kedepannya masyarakat nelayan ini khususnya di Kabupaten Pamekasan lebih diperhatikan lagi, agar nantinya petik laut yang akan datang bisa lebih menarik, sehingga menjadi nilai daya tarik bagi wisatawan Asing," harapnya.

Pewarta : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment