Dahsyatnya Bulan Ramadhan

JATIMAKTUAL,  ARTIKEL, - Bulan Ramadhan adalah Bulan dimana umat islam kan menjaga nafsunya selama satu Bulan penuh dengan berpuasa.  Juga salah satu Bulan Hijriyah yang istimewa. Mengapa,? Karena Nabi Muhammad mendapat Wahyu pertama kali yaitu dibulan Ramadhan. 

Bukan hanya itu, banyak lagi keistimewaan Bulan Ramadhan yaitu:

1. Ditutupnya pintu neraka

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب السماء و غلقت أبواب جهنم و سلسلت الشياطين

“Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu- pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu“ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

2. Bulan penuh berkah, Rahmat dan Ampunan. 

Banyak dikalangan masyarakat mengatakan, "bulan puasa pendatang rejeki" Bulan Ramadhan memanglah bulan penuh berkah Rahmat dan ampunan.. 

Dikuatkan oleh sebuah hadits:
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب الرحمة و غلقت أبواب جهنم و سلسلت الشياطين

“Apabila telah masuk bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu “ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz Muslim )

3. Terdapat Malam Lailatul Qadr. 
Lailatul Qadr adalah malam yang mulia. Banyak umat islam memburu malam ini, karena lailatul Qadr ini Malam yang spesial, dimana malam itu Malaikat turun dengan membawa kedamaian dan kesejahteraan hingga Fajar. 

Lailatul Qadr termasuk malam dambaan umat islam karena ini hanya terjadi satu tahun sekali tepatnya di 10 hari akhir dibulan Ramadhan. Sebagaimana tercantumkan didalam Al-Qur'an Surat Al-Qadr: 

“ Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para Malaikat dan (Ruh) Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar “ ( Al Qadr : 1-5 )

Telah disebut dalam Al-Qur'an bahwa Malam mulia yang lebih baik dari seribu Bulan itu adalah Malam Lailatul Qadr tepatnya akhir Bulan Ramadhan. Maka, sebelum Bulan Ramadhan mari kita sambut dengan membenahi diri kita. 

Asyaratul Kiraam. Mahasiswi Stain Pamekasan Prodi PBA semester 6

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment