Bentuk Kader Penulis, LTN NU Bondowoso Gelar Pelatihan Jurnalistik


(22/04/17) Dalam menciptakan kader penulis handal, LTN NU (Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama) menggelar Pelatihan Jurnalistik yang di ikuti oleh belasan pelajar SMA 1 NU yang bertempatan di Aula PCNU Bondowoso, Sabtu (22/04/17).

"kegiatan pelatihan  ini di selenggarakan merupakan langkah awal untuk mencetak kader-kader jurnalis NU di masa mendatang" Kata Andiono Putra, ketua LTN NU Bondowoso.

Penetapan kuota peserta senyatanya memang sengaja dibuat sedikit demi pencapaian hasil yang maksimal,  selain itu peserta agar fokus", tegas Andiono.

 kegiatan ini, lanjut Andiono, adalah sesi awal dari rangkaian beberapa Pelatihan Jurnalistik yang akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan. "Kami akan akan melakukan roadshow ke seluruh MWC NU  Sekabupaten Bondowoso secara bertahap dan berkala, untuk membina dan membimbing kader-kader NU di sana. Dan kebetulan, karena pelatihan ini yang pertama, maka kami tempatkan di kota (Kantor PCNU)", pungkasnya.

Nurul Huda, Ketua panitia dalam sambutannya menghimbau bahwa pelatihan ini sangat penting untuk membangun kesadaran menulis, khususnya di bidang jurnalistik. "Kesadaran dunia jurnalis begitu perlu, agar lahir kader-kader yang bisa nulis", ungkap huda.

 Dia menegaskan bahwa setidaknya terdapat dua komponen pokok yang dapat dilakukan bagi seorang penulis (jurnalis). Pertama, menulis merupakan aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengabadikan peristiwa ataupun gagasan (pemikiran), tanpa ditulis keduanya akan hilang ditelan sejarah. Kedua, dengan berlatih menulis, pelajar akan terasah kemampuan membuat makalah dan karya ilmiah lainnya, di mana hal tersebur begitu lekat dengan dunia pendidikan.

Selain itu Erfan Wardani selaku kepala sekolah SMA 1 NU Bondowoso memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. "Saya apresiatif sekali dengan ini, karena ini penting dan positif." Tegasnya.

 Pihaknya berharap pelatihan tersebut terus dilanjutkan agar banyak lahir kader-kader muda NU yang handal di bidang jurnalistik. Dengan demikian, mereka akan mampu menyajikan informasi potisitif dan edukatif bagi masyarakat."Pungkasnya

Pelatihan yg difasilitasi wartawan majalah Mitra Pendidikan, Memo X, Jatim Aktual, Tempo News.com dan Kompas.com ini berakhir dengan pembahasan rencana tindak lanjut berupa penerbitan buletin SMA NU 1 Bondowoso.(*)


Pewarta          : Bahrullah
 

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment