Lumajang Menyabet Penghargaan Kabupaten Literasi Tingkat Nasional

JATIMAKTUAL, LUMAJANG,- Merupakan bukti getolnya Lumajang dalam hal baca-tulis dengan menyabet penghargaan tingkat nasional sebagai Kabupaten Literasi Mitra USAID Prioritas dengan Kategori A dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Senin (20/3/2017) di Ruang Graha Utama Kemendikbud RI Jakarta yang diberikan langsung oleh Dirjen. Dikdasmen Kemendikbud RI, Hamid Muhammad, M.Sc, Ph.D, Kepada Bupati Lumajang, Drs. Asat, M.Ag.

Seperti yang dilansir oleh web resmi Lumajang (lumajangkab.go.id), bahwasannya Kabupaten Lumajang berada diposisi kedua dalam Indeks Pembangunan Literasi setelah Kabupaten Serdang Bedagai. Penghargaan ini dapat diraih karena komitmennya Lumajang dalam getolnya menuju Kabupaten Literasi.

Hal tersebut sudah tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Kabupaten Lumajang Nomor 421/8408.34/2015 tentang Pembiasaan Membaca dan Menulis pada Satuan Pendidikan.

“Penghargaan yang diperoleh Lumajang sebagai Kabupaten Literasi ini merupakan wujud kabupaten yang memberikan kesempatan bahkan sepenuhnya mewajibkan bagi siswa membaca sesuatu selain buku pelajaran 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai,” ujar Asat.

Kegiatan literasi (seperti) ini sudah diterapkan di Sekolah Mitra USAID Prioritas sejak mengikuti pelatihan modul 2, dimana salah satu kegiatan unit pelatihan adalah Literasi Lintas Kurikulum.

Hal ini juga diperkuat oleh  Keputusan Bupati Lumajang Nomor 188. 45/ 387/ 427. 12/2015 tetang Tim Penyelenggaraan Lumajang Berliterasi. Kemudian Bupati berstatement bahwa dengan terwujudnya Lumajang sabagai Kabupaten Literasi menunjukkan kulaitas SDM di Lumajang sudah meningkat, “Alhamdulillah kita memperoleh ke-2 Nasional, ini membuktikan kualitas SDM yang mulai meningkat,” Jelasnya.

Ada beberapa tanggapan dan harapan dari beberapa masyarakat dengan diraihnya penghargaan Kabupaten Literasi oleh Kabupaten Lumajang ini, “Penghargaan yang sejati ketika dirasakan kemanfaatannya bagi masyarakat, semoga prestasi ini menjadi pemacu semangat masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan program literasi baik formal ataupun informal yang berdampak positif dan kemanfaatannya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat,” harap S Hadi Wasito, salah satu warga Lumajang. [M Hasyim Azhari]

Respon Pembaca.

1 comments:

M Hasyim Azhari said...

Itu judulnya ada yang hilang spasinya (gandeng) bisa diedit lagi? Terimakasih.

Post a Comment