Kesaksian Alamsyah Saragih Mantan Ketua Komisi Informasi Pusat

JATIMAKTUAL, UPDATE,- Sidang Gugatan Alfamart terhadap Konsumen/Donaturnya di PN Tangerang (Kamis, 16 Maret 2017).

Dalam persidangan keempat Mustolih Siradj (konsumen dan donatur Alfamart) selaku Tergugat II mengajukan saksi penting, yakni A. Alamsyah Saragih Ketua Komisi Informasi Pusat Angkatan pertama, dalam kesaksiannya Alamsyah menyatakan Perseroan yang memungut sumbangan kepada masyarakat masuk kategori sebagai Badan Publik. Hal tersebut sebagai konsekwensi pertanggungjawaban kepada publik meskipun entitas Perseroan adalah badan hukum yang seharusnya mencari laba (untung) hal itu sebagai social control kepada penyelenggara sumbangan.

Maka itu Perseroan yang memungut sumbangan kepada masyarakat dapat dimintai data/informasi oleh Donatur maupun masyarakat luas.

Alamsyah yang kini menjabat sebagai Komisioner Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menambahkan, laporan Perseroan yang mengumpulkan sumbangan kepada Menteri Sosial tidak menggugurkan kewajibannya kepada publik
memberikan informasi seputar sumbangan. Begitu pula dengan yayasan-yayasan atau lembaga yang mendapatkan/menerima penyaluran donasi dari Perseroan tersebut juga menjadi Badan Publik.

Alamsyah juga menyesalkan apabila ada Perseroan yang meminta sumbagan dari masyarakat tetapi kemudian uang sumbagan itu diklaim sebagai dana CSR (corporate social responsibility) Perusahaan tersebut. Sebab mengenai CSR aturannya sudah jelas diatur UU No. 40/2007 ttg Perseroan Terbatas Jo PP No. 47/2012, sumber dana CSR dari dana perusahaan bukan sumbangan.

Dengan demikian, pendapat Alamsyah Saragih menguatkan Putusan Komisi Informasi Pusat No. 011/III/KIP-PS/2016 yang menyatakan bahwa ALFAMART (PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk) sebagai BADAN PUBLIK karena meminta2 sumbangan kepada Masyarakat/konsumen secara agresif, rutin, massif di seluruh Indonesia, dan berkelanjutan selama bertahun-tahun dengan total donasi yang terkumpul hampir mencapai Rp. 100 milyar.

(Mustolih Siradj Konsumen dan donatur Alfamart, saat ini digugat Alfamart/PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk di Pengadilan Negeri Tangerang).

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment