BABINSA KORAMIL LARANGAN BERSAMA MANTRI TANI DAN PPL DAMPINGI PETANI PANEN JAGUNG


JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- Babinsa Desa Lancar Serda M Fauzi Koramil 0826/05 Larangan beserta Mantri Tani Bapak Didik S dan PPL Ibu Farida dan Ibu Fifin melaksanakan kegiatan Panen Jagung Varietas BISI 2 di lahan seluas 0,3 Ha milik Bapak Achmad Taufik anggota Poktan Sekarwangi Dusun Perang II Desa Lancar Kecamatan Larangan. Selasa, ( 7/3/2017 )

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Mantri Tani Bapak Didik bahwa pada musim tanam pertama petani di Kecamatan Larangan 80 % telah menanam Jagung Varietas BISI 2 karena dinilai banyak keuntungannya.

Dengan menanam Jagung BISI 2 tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi petani dalam meningkatkan hasil produksi karena memiliki tongkol 2, memiliki pertumbuhan seragam, tegak serta tahan roboh dengan potensi hasil mencapai 13 ton/ha, populasi tanaman lebih banyak sekitar 62000/ha dengan kebutuhan benih sekitar 15 kg/ha,waktu panen relatif singkat 103 hari siap untuk dipanen, tahan terhadap serangan penyakit bulai,karat daun serta bercak daun dan juga mempunyai daya adaptasi lingkungan yang baik, sehingga bisa produksi dengan baik di lahan pertanian manapun.

Pada kesempatan kali ini Babinsa beserta Mantri Tani dan PPL mengajak kepada petani pada musim tanam jagung yang ke 2 agar ditanami jagung dengan jenis yang sama seperti yang dipanen saat ini.

Babinsa mengharapkan kepada petani agar setelah panen ini mau menggarap lahannya kembali untuk ditanami jagung karena kondisi curah saat ini masih memungkinkan petani untuk  tanam jagung yang kedua kali.

Babinsa Lancar Serda M Fauzi tidak memiliki keraguan untuk terjun langsung membantu Petani dan mengontrol kegiatan Petani yang dilaksanakan oleh kelompok tani mulai dari tanam pengolahan lahan, hingga sampai masa panen.

Kegiatan ini menindaklanjuti Program Pemerintah dalam Ketahanan Pangan Nasional. Dalam hal ini TNI dan Pemerintah mendukung secara langsung di lapangan terhadap Upaya Khusus (UPSUS) Program Swasembada Pangan khususnya Pajale yang telah dicanangkan oleh Pemerintah. (rls)

Pewarta. Muhri Andika.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment