Sekolah Desa Klaster II Mendapat Tanggapan Positif Kades Almur dan Camat Pujer


JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- Camat Pujer dan Kades Alassumur, Merespon Positif adanya sekolah desa klaster II yang diselenggarakan oleh tenaga ahli (TA) Pendamping Desa Kabupaten di Balai Desa Alassumur kecamatan Pujer Bondowoso Jumat (23/12/2016).

"Atas dilaksanakannya sekolah desa di desa Alassumur saya mengaptesiasi upaya TA dan kegitan tersebut bagus" Kata Iffan Ariffandi, Camat Pujer saat di konfirmasi melalui pesan Whaatshap

Dengan adanya sekolah desa, dia berharap agar SDM pendamping desa dan lendamping lokal desa semakin meningkat agar pengetahuan para pendamping antara PD dan PLD selalu terus ditingkatkan.

TA kabupaten segera menambah tenaga pendamping yang berkopeten dibidang tehnik inflastruktur, ia berpesan agar setiap dua desa didampingi satu orang pendamping lokal desa agar proses pendampingan dapat berjalan secara maksimal.

Menurutnya adanya peraturan tentang pedoman prosedur pendamping desa yang diketahui oleh stakeholder pengguna dana desa, serta menyangkut hubungan kerja ditingkat desa dan kecamatan akan memaksimalkan proses terlaksanaan undang-udang desa dan pelaksanaan DD.

Tidak hanya itu adanya aturan baku tentang pelaksanaan dana desa yang berkaitan tentang mekanisme musyawaroh, verifikasi usulan, pelaksanaan SPJ tentu akan mudah dalam mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

Muflikhuddin, tenaga ahli pembangunan partisipatif juga menyampaikan bahwa adanya sekolah desa merupakan program tenaga ahli kebupaten (TA) yang dihasilkan melalui hasil rapat kordinasi internal TA kabupaten, bahwa adanya program sekolah desa tersebut salah satunya bertujuan untuk mensinergikan proses pendampingan yang dilakukan PD dan PLD dimasing-masing desa sekabupaten Bondowoso.

Kendati demikian sekolah desa itu dilakukan mempunyai tujuan untuk mendorong proses penyusunan laporan Pertanggung jawaban (LPJ) dana desa, dokumen desa khususnya realisasi dana desa tahun 2016, dia berharap dengan adanya sekolah desa diharapakan mempu mendorok kemampuan pendamping sehingga mempermudah proses pendampingan dalam penyelesaian laporan pertanggung jawaban desa,  serta untuk mempercepat proses penyelesaian perumusan dan penyusunan dokumen desa baik RKP dan APBDes desa tahun 2017.

Dalam pelaksanaan program kegiatan Sekolah Desa didesa Alassumur yang diselenggarakan oleh TA pendamping desa, Totok Hariyanto, SH. kades Alassumur selaku tuan rumah sangat mengapresiasi dan mendukung sekali dengan terselenggaranya acara tersebut, dengan adanya sekolah desa yang sudah terselenggara dengan sukses, ia berharap agar mampu meningkatkan kapasitas dan seklil para pendamping desa dan pendamping lokal desa, bahkan dia berpesan agar kegiatan tersebut agar selalu dilaksanakan terus menerus, sehingga akan bisa memacu semangat baru dan menambah ilmu baru sehingga semua yang terlibat akan lebih baik kedepannya, khusnya dalam ikut serta melaksanakan proses pendampingan di seluruh desa-desa sekebupaten Bondowoso. 

Pihaknya juga berharap agar petugas pendamping setiap desa didampingi satu pendamping lokal dese, sehingga proses pendampinga akan berjalan maksimal.(Arul)*

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment