Bersama PMII, Coin Foundation Berikan Bantuan Untuk Korban Gempa Pidie Jaya Aceh.

JATIMAKTUAL, SOSIAL, - Selama tiga hari dua malam, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Banda Aceh bersama Coin Foundation, sebuah lembaga sosial milik Kader NU asal Mataram yang bergerak dalam bidang Kesehatan, Pendidikan, Keagamaan dan Lembaga sosial anak, memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan beberapa kebutuhan logistik pada korban Gempa yang menimpa masyarakat Pidie Jaya tepatnya di Gampong Lhok Puuk Kecamatan Panteraja yang sampai sejauh ini masih terisolir dan belum mendapat bantuan secara maksimal.

Melalui arahan Ketua PCNU Pidie Jaya, PMII bersama Coin Foundation bergerak menuju lokasi yang memang belum banyak mendapat bantuan seperti lokasi-lokasi yang dekat dengan posko di jalan raya Banda Aceh Medan. Lokasi yang dimaksud adalah Gampong Lhok Puuk.

Ketua PC PMII Banda Aceh, Akmaluddin beserta rombongan menuju ke lokasi bersama Abdul Aziz selaku direktur Coin Foundation pada hari senin, 19/12/2016 langsung menuju camp pengungsian yang berpusat di Pondok Pesantren milik Tgk. Jamaluddin.

"Setelah kemarin, minggu 18/12/2016 kami memberikan bantuan berupa 300 paket perlengkapan sekolah untuk anak-anak di Gampong Meunasah Cut, Dayah Teumanah dan Gampong Dayah Pangwa. Kemudian kami mendapat arahan dari PCNU Pidie Jaya untuk meninjau langsung keadaan di Gampong Lhok Puuk yang letaknya sangat jauh dari pusat kota," ujarnya.

Dari hasil wawancara dengan Sekdes setempat, di Gampong Lhok Puuk terdiri dari 133 kepala keluarga dengan jumlah penduduk 560 jiwa, satu masjid dan 33 rumah warga rusak total (tidak termasuk rusak ringan). Tidak ada korban jiwa namun ada 3 warga patah tulang dan 18 orang luka ringan saat kejadian gempa beberapa waktu lalu.

Lokasi gampong yang begitu jauh dan pelosok tidak mematahkan semangat Abdul Aziz yang datang jauh-jauh dari Nusa Tenggara Barat untuk menyalurkan bantuan secara langsung kepada masyatakat yang betul-betul membutuhkan. Bahkan ia memutuskan untuk bermalam di tempat pengungsian bersama warga setempat.

"Bantuan ini didedikasikan sebagai pengabdian kami terhadap saudara-saudara yang betul-betul membutuhkan. Dalam konteks masyarakat, tidak hanya pada persoalan hidup yang harus mengais tanpa henti, juga pada persoalan kesejahteraan yang terkadang harus tergadaikan oleh sistem yang tidak diindahkan". Jelas Abdul Aziz selaku direktur Coin Foundation yang juga sebagai Mabincab PMII Mataram.

Aziz sapaan akrabnya, mendengar penjelasan Tgk. Jamaluddin bahwa ada beberapa perlengkapan dapur umur yang masih kurang dan juga kasur lantai yang dipakai warga di tenda darurat. Bahkan Aziz langsung memenuhi kebutuhan yang dimaksud.

"Kami catat apa yang kurang, kemudian kami penuhi waktu itu juga. Sengaja kami ajak Tgk. Jamaluddin untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan," katanya. 

Sementara itu, pagi harinya, selasa 20/12/16 Aziz juga menyempatkan diri datang dan memberikan bantuan logistik pada warga Gampong Muka Blang yang berjarak kurang lebih lima kilometer dari Lhok Puuk. Bantuan yang dibawa adalah hasil penggalangan dana dari PC PMII Mataram juga dari Persatuan mahasiswa Lombok barat yang diamanahkan melalui Aziz agar diberikan kepada korban gempa di Pidie Jaya. (Fauzi E.)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment