INSIDE Gelar Program *Gerakan Masyarakat Belajar*

JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- Dalam rangka ikut serata mengawal pembangunam bangsa, Institute of Society Development (INSiDE) gelar kegiatan Gerakan Masyarakat Belajar dilembaga PAUD Harapan dua Desa Jambisari kecamatan Jambisari Darussolah Bondowoso.

Hadir dalam acara tersebut sebagai tamu undangan Kades dan Camat Jambisari Darusolah beserta tokoh-tokoh masyarakat sekitar, selain itu kegiatan ini di ikuti oleh peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari guru, Pemerhati pendidikan, dan orang tua/ wali murid di desa Jambisari, sebagaimana hasil pantauan Jatim Aktual Minggu (9/10/16).

Moh Gofur, direktur INSIDE mengtakan, Inside merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bertujuan untuk  memberikan pemahaman terhadap masyarakat dalam aspek pendidikan, sosial budaya, dan ekonomi yang selama ini di elukan-elukan oleh segenap masyarakat sesuai dengan amanah undang-undang 1945 yang berdasarkan Pancasila.

" demi terwujudnya keinginan itu Inside hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan para pahlawan yang sudah mulai sirna bahkan terlupakan dalam konteks pengembangan masyarakat, lembaga tersebut mencoba mengawali untuk bergerak melalui masyarakt pinggirin yang kurang begitu mendapat sentuhan dan sedikit mendapatkan perhatian program pemerintah yang sudah ada walaupun seyogyanya program tersebut saat ini sudah dirasakan sebagian masyarakat."

"Inside lewat Program ini yang berbentuk Gerakan Masyarakat Belajar juga mengamini dan mensinergikan program safari gerakan nasional gemar membaca yang merupakan progaram dari aggota komisi X DPR RI Bapak Anas Tahir, yang menurut kami sangat menarik untuk ditindak lanjuti dan dikawal karena manfaatnya sangat dirasakan oleh bangsa Indonesia dan masyarakat luwas Bondowoso pada khususnya." tuturnya.

Lebih lanjut, Rifan sebagai Pembina INSIDE mengatakan bahwa program tersebut lahir sebagai bentuk komitmen kepada masyarakat sesuai dengan visi-misi INSIDE dalam memfasilitasi dan melatih masyarakat untuk maju bersama sama.

Rifan menambahkan, "lembaga ini hadir sebagai bentuk respon terhadap kondisi dan tanggungjawab terhadap realitas sosial masyarakat akan kebutuhan untuk mempertahankan eksistensi dalam merespon tantangan zaman yang terus berkembang, khususnya dalam bidang pendidikan.

Program gerakan masyarakat belajar ini merupakan implementasi gerakan yang lahir dari proses panjang dan berkesinambungan sehingga lembaga ini lahir,  bersama masyarakat Jambisari kecamatan Jambisari Darussolah dikabupaten Bondowoso, kami mencoba memulai membangun kesadaran masyarakan dengan gerakan belajar, dengan program ini kami berharap masyarakat akan tersadarkan betapa pentingnya belajar. "Pungkasnya.

Hidayatul Makrifah, Guru PAUD merespon baik atas program yang sudah diselenggarakan oleh Inside, menurutnya dengan program tersebut akan membantu menyadarkan orang tua wali siswa betapa pentingnya belajar bagi anaknya.

" selain akan menciptakan kesadaran, melalui program Inside ini akan mengisi ruwang-ruwang kosong wali murit yang biasanya hanya digunakan ibu-ibu untuk ngerumpi namun setelah program ini terealisasi akan membawa kondisi wali murit untuk belajar beserta anaknya." terang Hidayat.

Hingga berita ini diturunkan Inside terus melakukan pendampingan dalam mewujudkan mendirikan Rumah Belajar dilembaga PAUD harapan dua Desa Jambisari Kecamtan Jambisari Darussolah Bondowoso. (Arul)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment