FUF UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Silabus & SAP.

JATIMAKTUAL, SEPUTAR KAMPUS,- Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar workshop Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang bertempat di Aula Fakultas Ushuluddin dan Fiksafat UIN Ar-Raniry.

Dekan FUF UIN Ar-Raniry, Lukman Hakim menuturkan, dosen pada umumnya masih belum semuanya memiliki Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang baik. Maksud kurang baik di sini adalah, silabus dan SAP tersebut harus selalu dilakukan review dan perbaikan secara periodik.

“Program ini sudah lama dirintis. Sekarang tugas kita adalah melanjutkan program kepemimpinan sbelumnya agar pengembangan Silabus dan SAP dapat ditempuh dengan baik bagi para dosen dilingkungan FUF khususnya," terang Lukman, dalam sambutannya, Jum'at (14/10/2016).

Menurut Lukman, workshop kali ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kampus, Ushuluddin khususnya, dengan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam merancang dan mengembangkan bahan ajar. Pada intinya pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat secara khusus.

Sementara itu, Maizuddin selaku Wakil Dekan I menyebutkan, dalam pendidikan dan pengajaran dibutuhkan perencanaan yang baik dan sistematis. Dengan perencanaan yang baik, maka dapat diprediksi tentang keberhasilan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Sehingga menuai hasil yang siknifikan terhadap kemampuan mahasiswa secara umum.

“Salah satu bentuk dari perencanaan dalam proses pembelajaran di Perguruan Tinggi adalah pengembangan silabus dan Satuan Acara Perkuliahan. Keberadaan dua hal tersebut, sangat mutlak dibutuhkan untuk dijadikan kontrol terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan,” Jelasnya.

Workshop tersebut dihadiri oleh beberapa dosen yang mewakili Prodi masing-masing dilingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry. (Fauzi Efendi)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment