RUMAH PINTAR JEMBER GREEN SCHOOL

JATIMAKTUAL, JEMBER,- Baru tak sekedar rencana, perhatian PEMKAB Jember terhadap pendidikan kian serius. Ditengah himbauan Bupati tentang Pendidikan Gratis dan konsen Dinas Pendidikan mengurangi angka putus sekolah, muncul salah satu Yayasan berbasis alam yaitu RUMAH PINTAR. 

Yayasan yang dibentuk oleh salah satu pemuda desa bernama  Samsul Hadi ini beralamatkan didesa Karangharjo Kecamatan Silo, 25 KM dari kota Jember. Terletak ditengah-tengah sawah dan dengan desain bangunan yang terbuka semakin memperkuat karakter RUMAH PINTAR sebagai green school. "RUMAH PINTAR ini Wisata Belajar mas, didalamnya ada Taman Baca, LBB, Champ Area, bahkan kami punya SMK yang menyisir anak-anak kurang beruntung atau putus sekolah". 

Masih menurut Hadi, SMK QUANTUM CENDIKIA (SMK-QU) satu-satunya sekolah formal di kabupaten jember yang mengusung konsep Green School. 

"Kami ingin anak-anak paham bahwa keindahan desa dan tanaman-tanamannya adalah aset Bangsa yang penting, sehingga mereka kelak mau melakukan ekspansi pertanian dan mampu memenuhi ketahanan pangan Negara yang sering kami sebut green sustainable, bukan urbanisasi ke kota yang justru membuat nasib mereka diujung tanduk". Satu langkah maju yang patut kita apresiasi bersama, selain punya Visi yang mapan, Yayasan RUMAH PINTAR telah diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief. 

Menarik untuk kita tunggu Karya-karya konservatif  anak desa untuk Indonesia. (Azz)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment