Pra-Mapaba Menjawab Rasa Penasaran Calon Anggota Baru.

JATIMAKTUAL, SITUBONDO,- 15 Oktober mendatang akan menjadi momen penting bagi calon anggota baru PMII untuk mengikuti Masa Penerimaan Anggota Baru atau yang dikenal dengan MAPABA, merupakan proses kaderisasi formal pertama sebelum anggota baru diterima di PMII. Adapun kegiatan ini sudah mulai di rumuskan oleh Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) STKIP PGRI Situbondo yang ditandai dengan adanya rekrutmen anggota baru dan dilaksanakannya Pra-Mapaba di Komisariat pada Kamis pagi (29/09/16).

Tepat pukul 09.33 WIB, acara Pra-Mapaba dimulai. bertajuk "Kontribusi PMII terhadap kehidupan sosial masyarakat kampus", pada kesempatan itu, Sahabat Rizki Peristiwanto dipercaya menjadi pengantar  pertama menyampaikan pemahaman tentang keorganisasian. Kemudian dilanjut oleh Ketua Umum PMII STKIP PGRI, Sahabat Nurul Fata Deen Karr, yang menjelaskan sekilas sejarah PMII, Konstitusi PMII, dan apa itu PMII?.

Dari salah satu anggota baru yang kami wawancarai, Yuki, dia menyampaikan semua yang dijelaskan dalam acara tersebut hanya sekilas menjawab rasa penasaran anggota baru terhadap PMII, dan menurutnya rasa penasaran itu sudah mulai terjawab, namun dirinya merasa ada rasa penasaran baru yang muncul, sehingga ia memutuskan untuk tetap ikut PMII.

Ketua Komisariat menyampaikan bahwa dalam Pra-Mapaba kali ini tidak hanya sekadar pemahaman keorganisasian dan ke-PMII-an, melainkan konstruksi-konstruksi  terhadap calon anggota baru untuk menumbuhkan pola pikir yang kritis baik di lingkungan kampus maupun luar kampus, serta tumbuhnya rasa kepedulian diri dan tanggung jawab calon anggota baru sebagai mahasiswa terhadap problematika dalam dinamika kehidupan sosial.

"Calon anggota baru ibarat kertas kosong dan apa saja dapat ditulis dalam kertas itu. Kami menginginkan bagaimana calon anggota baru dapat menulis apa saja dalam diri mereka sendiri supaya mereka tahu potensi apa yang dimilikinya, dan bukan kami yang menulis kertas itu". Kata ketua komisariat yang akrab di panggil Cak Fata.
Sebab menurutnya, jika pengurus atau beliau yang menulis dalam kertas kosong itu, sama halnya beliau mengikat keinginannya sendiri yang belum tentu sesuai dengan potensi yang dimiliki calon anggota baru itu.

Menurut beliau sesuatu yang mengharuskan calon anggota baru untuk patuh pada aturan yang kami berikan merupakan pembodohan, kecuali berupa konstitusi di PMII. Akan tetapi bukan berarti pengurus lepas tanggung jawab dalam membimbing calon anggota baru.

"Bimbingan tetap kami lakukan pada hal yang positif. Pokok utama dalam misi kami adalah penajaman intelektual berupa kajian-kajian keilmuan untuk menjadikan kader-kader yang berkarakter dan berkualitas". Imbuhnya.

Dalam pertemuan pagi tadi dihadiri mahasiswa baru kurang lebih 50 mahasiswa dari 3 jurusan yang ada di STKIP PGRI Situbondo.

Acara diakhiri dengan makan bersama sebagai pengikat emosional antar calon anggota baru dengan pengurus.

Menurut Informasi yang di  himpun oleh Jatim aktual, Pra-mapaba akan dilaksanakan 2 kali selama dua minggu. Pra-Mapaba selanjutnya akan digelar minggu depan tanggal 06 Oktober dengan tema "Membangun pola pikir kritis calon anggota baru sebagai insan aktivis dan akademis".

"Kami harap calon anggota baru tetap antusias dan penasaran untuk ikut PMII sampai menjadi anggota, bahkan jadi kader". Harapan seorang ketua komisariat. ( Fata/ Hasan JA )

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment