Dinas Pendidikan Jatim Resmikan SMK Mini di PP. DARUL ULUM .

JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- 22 September 2016, SMK mini merupakan program yang diluncurkan gubernur Jawa timut, Soekarwo.
program ini sudah direalisasikan sejak tahun 2014. untuk mencetak tenaga kerja terampil dan peluang usaha baru dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN(MEA) di Jawa timur.

Program SMK yang memprioritaskan lingkungan Pondok Pesantren(Ponpes) yang berada di daerah terpencil ini, kembali meluncurkan dan meresmikan SMK mini, tepatnya di pondok pesantren Darul Ulum Maskuning kulon Pujer Bondowoso.

Hadir dalam peresmian ini, Dinas pendidikan Provinsi Jawa timur(YM Sanjaya Putra), Dinas pendidikan kabupaten Bondowoso(Suparto). diikuti oleh berbagai elemen yang terlibat dalam program ini, diantaranya siswa, santri, alumni dan masyarakat sekitar.

Bapak Suparto menyampaikan, dengan adanya program SMK mini, diharapkan mampu mencetak tenaga kerja terampil dan peluang usaha baru dan diharapkan Bondowoso mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia(IPM) yang saat ini berada di peringkat 31 dari 38 kabupaten/kota se Jawa timur. 

"SMK mini ini merupakan peluang besar bagi kita, khususnya di kab. Bondowoso. untuk betul betul serius kita kawal keberadaanya guna membentuk tenaga kerja terampil dan peluang usaha baru." ujar pak Suparto selaku sekretaris Dinas pendidikan kab. Bondowoso

Dinas pendidikan Jawa timur, Bapak YM Sanjaya Putra selaku kepala bagian SMK. juga menghimbau kepada lembaga SMK terkait untuk senantiasa memanfaatkan sebaik mungkin, mengingat perogram ini hanya selama enam bulan. "Manfaatkan program ini sebaik mungkin, mengingat waktu program ini sangatlah cepat,  dan harus mampu melahirkan tenaga kerja dan peluang usaha baru yang brrkelanjutan" himbaunya.

Program SMK mini ini disesuaikan dengan kebutuhan lokal daerah setempat. di SMK Darul Ulum di isi dengan pelatihan menjahit yang akan diralisasikan mulai tanggal 08 Oktober 2016 mendatang. ketua yayasan, Bapak Mahfid menyampaikan sekarang SMK Darul Ulum sudah memiliki 30 mesin jahit yang bisa di operasikan. dan akan diupayakan dimanfaatkan semaksimal mungkin. sedangkan untuk pemasaran akan membuka outlet dan melibatkan wali santri. (Afif)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment