Aliansi Komumitas Pemuda Gelar Hari Jadi Besuki ke-252

JATIM AKTUAL, SITUBONDO.-Dalam melanjutkan tradisi dan kultur yang sudah terbangun sejak lama guna melestarikan dan menghormati tokoh leluhur yang membabat kawasan Besuki dan sekitarnya, Aliansi komunitas pemuda menggelar kegiatan hari jadi Besuki ke-252, yang dilaksanakan di alun-alun Kecamatan Besuki Situbondo Jawa Timur, Kamis 8/9/2016.

Berdasarkan hasil pantauan Media Jatim Aktual, pelaksanaan kegiatan peringatan hari jadi Besuki tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat, kiai pengasuh pondok pesantren, guru ngaji, dan tokoh pemuka ketiga agama (Kristen, Kong Hucu, dan Islam), turut pula hadir dalam acara tersebut Dadang Wigiarto, SH. bupati Situbondo, dan muspika kecamatan serta segenap elemen masyarakat, acara yang dikemas dengan upacara pembakaran Dupa raksasa, pembacaan tahlil dan shalawat telah mengundang antusiasme masyarakat setempat dalam mengikuti acara dengan penuh hikmad.

Disela-sala acara Barra Ronie, Ketua panitia mengatakan, peringatan hari jadi Besuki merupakan bentuk kometmen pemuda dalam melestarikan kultur dan budaya yang sudah terbangun sejak lama dalam menghormati jasa-jasa tokoh leluhur yang berjasa besar membabat tanah kawasan Besuki dan sekitarnya, "Ujarnya.

Pihaknya juga menambahkan bahwa, peringatan hari jadi Besuki yang ke- 252 merupakan kegiatan dan tradisi yang di ambil dari sejarah tokoh leluhur Kiai Pate Alos dengan nama asli "Raden Bagus Kasim Wirodipuro" disaat berpindahannya dari Demong ke Dhalem tengah yang sekarang adalah utara alun-alun kecamatan Besuki yang pada waktu itu sekitaran tanggal 8 September 1764. "Tukasnya.
Dadang Wigiarto, SH. Bupati Situbondo sangat mengapresiasi dan mendukung dengan terselenggaranya acara tersebut, menurutnya dengan pelaksanaan kegiatan yang sudah terselenggara dengan sukses maka kecamatan Besuki akan menjadi tolak ukur sentra pembangunan dari wilayah barat Situbondo, apresiasi itu disampaikan pada saat memberikan sambutan.

Apalagi menurut beliau," pelaksanaan peringatan hari jadi besuki akan di Perdakan sesuai dengan janjinya pada saat kampanya pencalonan pemilihan bupati Situbondo waktu lalu sehingga kegiatan tersebut menurutnya kedepan setelah Perda selesai maka akan menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menjaga dan melestarikanya disetiap tahunya. "Pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan serangkian acara hari jadi Besuki yang ke-252 masih terus berlangsung, dan dipenghujung acara akan dimeriyahkan oleh atraksi kesenian pemuda yang berasal dari sektor kawasan kecamatan Besuki. (Arul JA)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment