Wakil ketua DPRD tandatangani rekomendasi PMII

JATIMAKTUAL, SITUBONDO,- Berdasarkan aspirasi yang di sampaikan oleh PMII Kabupaten Situbondo pada hari kamis kemarin. Yang meminta untuk mempertemukan seluruh stick holder di Kabupaten Situbondo.  untuk menandatangani 5 rekomendasi terkait banyaknya penambangan liar yang sudah di sampaikan sebelumnya.  

Hearing yang di gelar pada hari Rabu 10/08/16. Telah di datangi oleh berbagai pihak terkait, yakni, komisi 3, Kasat Rekskrim, Satpol pp,  Vokap dan Fosmat. Dari berbagai pihak yang mendatangi rapat hearing hanya wakil ketua DPRD yang menandatangani Rekomendasi tersebut. Bahkan Ibuk Zeiniye juga mengakui tidak merasa keberatan untuk menandatangani, malah beliau sangat apresiatif terhadap 5 Rekomendasi dari PMII.   
   
sebagai seorang Wakil Ketua, pihaknya sudah melakukan upaya penutupan aktivitas penambangan bersama komisi 3. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa telah menghimbau kepada seluruh pihak terkait untuk melakukan sidak terhadap  aktivitas penambangan  yang tidak berijin. bahkan sebelumnya juga pernah memasang pelakat tidak boleh beroperasi bersama satpol pp.

Tak kalah pentingnya kepala Disperindag pun juga menegaskan, bahwa beliau sudah melakukan pembinaan terhadap para pengusaha tambang. "dari upaya yang sudah kami lakukan akhirnya hari ini sudah ada 22 pengusaha yang sudah mengajukan izin,  ada 4 yang sudah mau turun izinnya dan 1 izin sudah turun." ungkapnya.
Dalam pertemuan hearing selain membahas tentang rekomendasi PMII, juga menghasilkan beberapa rekomendasi baru yang akan menjadi langkah bagi Dinas terkait untuk menertibkan aktivitas penambangan ilegal. Salah satunya yaitu. Pemerintah segera melakukan inventarisasi lokasi penambangan, Disperindag segera mengumpulkan Calon penambang untuk melakukan pembinaan dan  menyuruh untuk mengurus izinnya serta  DPRD harus melakukan evaluasi secara berkala.

Meskipun semua pihak telah bersepakat dengan apa yang suda menjadi hasil hearing itu. PMII tetap mengharapkan agar acara tersebut tidak hanya menjadi acara seremonial belaka. " harus ada langkah kongkrit untuk mengaplikasikan dari hasil rapat hari ini. dan saya harap penertiban ini tidak hanya dilakukan oleh salah satu pihak saja. Akan tetapi seluruh komponen Pemerintah harus ikut andil dalam penutupan tambang ilegal" sebut  Anis Mukaddas dalam acara hearing

"PMII akan terus menagih apa  yang sudah menjadi keputusan hari ini. Karena jika saya mengutip penyampaian dari seluruh peserta rapat hari ini seakan mereka semuanya sudah berupaya untuk menutup dan melarang penambang liar untuk beraktivitas, Dan tidak ada satupun dari mereka yang menyatakan tidak berupaya untuk menyelesaikannya.  Tapi Semoga saja pernyataan itu  tidak seperti tong kosong yang nyaring bunyinya". Tegas Sahabat Anis Mukaddas setelah di wawancarai oleh wartawan jatim aktual. (Ach. Hasan)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment